Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

“Peran Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat di Daerah Terus Diperkuat”

Tonny Sumakul   |   14 September 2012 – 11:30 WITA
Noudi Tendean 2

Dr. Noudi R.P. Tendean, SIP. MSi

MANADO, (manadotoday.com) – Peran Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, terus diperkuat. Hal itu ditegaskan Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Dr. Noudy Tendean.

Menurutnya, guna memperkuat peran tersebut, terus dilakukan pembahasan serius di setiap pertemuan di lingkup pemerintahan secara nasional, termasuk dalam lokakarya Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), yang berlangsung di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Dalam lokakarya APPSI tersebut, penguatan kewenangan Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat, akan semakin luas. Tak hanya dari kekuasaan, namun dari segi pertanggungjawaban dana dekonsentrasi di wilayah,” ujar Tendean.

Dijelaskannya, dalam lokakarya APPSI itu, dibahas juga isu-isu strategis seperti pemekaran wilayah, pro kontra UU aparatur sipil negara (ASN), reposisi kedudukan kecamatan, masalah pendidikan dan kesehatan, penguatan desa, konflik komunal, bantuan sosial, serta pemberantasan korupsi.

“Hasil lokakarya itu, akan dituangkan dalam bentuk rekomendasi bersama, dan akan disampaikan ke Presiden SBY. Kemudian, dibahas kembali di pelaksanaan pra rakernas Oktober mendatang, yang akan berlangsung Bogor dan ditindaklanjuti pada rakernas bulan November di Toraja,” terang Tendean.

Ia menambahkan, dalam lokakarya itu, dihadiri seluruh Asisten bidang Pemerintahan, Kepala BKD dan Karo Pemerintahan di masing-masing pemprov di seluruh Indonesia. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

& Komentar »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading