Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Nusa Utara

“Ulat Tentara” Serang Tanaman Warga Sangihe

Redaksi Manado Today   |   1 Juni 2012 – 20:34 WITA
Pohon Nantu diserang ulat

Pohon Nantu yang gundul karena serangan ulat tentara

TAHUNA (manadotoday.com) – Masyarakat di Kepulauan Sangihe, akhir-akhir ini dihebohkan dengan kehadiran ulat yang dinamai “ulat tentara” yang jumlahnya mencapai jutaan ekor.

Ulat tersebut terus merusak tanaman pohon jenis kayu nantu, milik warga di Kampung Mala Tabukan Kecamatan Tabuklan Utara.

Hal itu berdasarkan penuturan Ketua Fraksi PDIP DPRD Sangihe, Benhur Takasihaeng.

Menurutnya, hal itu terlihat saat dirinya bersama beberapa anggota DPRD Sangihe, melakukan kunjungan kerja di Kampung Mala Tabukan, Kamis (31/5) kemarin.

Pada kunjungan itu, pihaknya terkejut menyaksikan fenomena ulat tentara yang jumlahnya mencapai jutaan ekor.

“Saya dan tim sangat kaget menyaksikan fenomena ulat tentara itu. Menurut warga setempat, sudah ratusan pohon nantu yang menjadi gundul karena seluruh daunya dimakan oleh ulat tentara itu. Dalam satu malam, seluruh daun satu pohon nantu berukuran besar akan habis dimakan ulat itu, dan masalah ini harus mendapat perhatian dari pemerintah melalui instansi teknis dalam hal ini Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Kehutanan,” ujar Takasihaeng, kepada manadotoday, Jumat (1/6/2012)

Sementara itu, di Kelurahan Pananekeng Kecamatan Tahuna, serangan ulat tentara juga terjadi.

Meski jumlahnya baru ratusan ekor, namun beberapa tanaman pohon nantu milik warga tampak sudah gundul.

Sejumlah warga pun mengaku tak mengetahui asal-muasal ulat yang panjangnya berukuran sekitar lima centimeter berwarna hitam, berbintik putih dan berbelang-belang itu.

“Kami hanya kaget saja, ketika melihat daun pohon nantu sudah gundul akibat dimakan ulat tersebut,” ungkap Herman Tamusa warga Kelurahan Pananekeng, seraya meminta instansi terkait untuk segera melakukan penanganan agar tidak berkembang biak.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan (DP3K) Sangihe, Ir. Barto Lino ketika dikonfirmasi, membenarkan soal fenomena ulat tentara yang menyerang tanaman pohon milik warga itu, dimana pihaknya telah menurunkan tim ke lokasi untuk melakukan uapaya pencegahan dan pembasmian ulat melalui penyemprotan. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading