Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Pemerintahan

10 ribu Orang Asal Sulut Jadi Korban Trafficking

Tonny Sumakul   |   29 September 2011 – 21:55 WITA

Manado Today – Gubernur Sulut DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS) mengatakan, berdasarkan fakta yang ada, hingga tahun 2010 lalu, sekitar 10 ribu orang asal Sulut, menjadi korban trafficking.

korban trafficking bitung

Korban Traffiking yang diamankan KP3 Bitung beberapa waktu lalu

“Ini cukup ironis, mengingat sejak tahun 2004 lalu, Sulut sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda,red) tentang anti trafficking, yang tertuang dalam Perda nomor 1 tahun 2004,” ujar Sarundajang, saat membuka kegiatan the training of human trafficking and children sex exploitation atau pelatihan penanganan perdagangan orang dan eksploitasi seks terhadap anak, antara Sulut dan Amerika Serikat, yang dihadiri oleh Konsul General Amerika Serikat di Surabaya Kristen Bauer dan Penasehat hukum tetap Departemen Kehakiman Amerika Serikat, Terry M, di Hotel Peninsula Manado, Kamis (29/9/2011).

Menurutnya, dari temuan kasus trafficking itu, paling banyak korbannya dikirim ke wilayah Batam, Kalimantan, Jayapura dan Sorong, dengan rute melalui Pelabuhan Bitung dan Bandara Sam Ratulangi Manado.

“Ini yang akan menjadi tantangan Pemprov dan juga masyarakat Sulut, untuk pemberantasan trafficking di daerah ini,” ujar Sarundajang.

Ia menambahkan, pihaknya berharap, dengan kerjasama bersama AS terkait penanganan masalah trafiking, akan meminimalisir terjadinya korban akibat kasus seperti ini.

“Ini akan jadi tantangan kita bersama dalam memberantas trafficking, sebab perdagangan manusia merupakan salah satu musuh utama baik dunia Internasional, Indonesia, dan Provinsi Sulut khususnya,” tukasnya. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading