Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Utara

118 Desa di Minut Belum Terima Kucuran ADD

Staff Manado Today   |   2 Agustus 2011 – 16:47 WITA

Airmadidi Today – Berdasarkan pemeriksaan Inspektorat Pemkab Minahasa Utara, sebanyak 118 desa yang ada di Minahasa Utara (Minut), Sulawesi Utara, belum menerima alokasi dana desa sebesar Rp3.773.400.000.

“Setelah turun dan melakukan pemeriksaan di sejumlah desa, ternyata dari data dan laporan yang diterima, belum satupun desa mendapatkan Alokasi Dana Desa (ADD),” ujar Kepala Inspektorat Minahasa Utara, Mareyke Dengah, di Minut.

Dengan belum dicairkan ADD tersebut, mengundang tanya dari Inspektorat Kabupaten Minut, sehinga mengisyaratkan untuk mengecek langsung pada dinas terkait dalam waktu dekat.

“Mengapa ADD tersebut belum dicairkan, padahal dana tersebut sudah sangat mendesak dan dibutuhkan bagi desa-desa dan saat ini sudah memasuki semester kedua,” ujarnya.

Dia mengatakan ADD tersebut sebetulnya untuk pemberdayaan masyarakat, jika ADD ada akan mempercepat pembangunan di desa, sehingga laporan pertanggungjawaban dapat diberikan tepat waktu.

Berdasarkan pemeriksaan lain, lanjut Dengah, dana yang dicairkan baru tunjangan aparat desa.

“Dari hasil pemeriksaan, baru tunjangan aparat desa yang telah dicairkan, namun ADD belum diterima,” katanya.

Sementara menanggapi ADD tersebut, Kepala Badan Pemberdayaan mayarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Minut, Yeaneta Posumah menjelaskan pihaknya masih menunggu masukan berkas dari semua desa.

“Anggaran tersebut belum dicairkan, karena semua desa belum memasukan berkas peraturan desa,” katanya.

Adapun anggaran yang akan disalurkan, kata Posumah, yaitu sebesar Rp3.773.400.000 per tahun.

“Nantinya penyaluran ADD, dilakukan secara bertahap yaitu dua kali pembagian, dimana pembagiannya langsung melalui rekening desa,” jelasnya. (ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading