Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan, Headline

12 Persen, Target Peningkatan Ekspor Andalan Sulut

Redaksi Manado Today   |   12 Maret 2011 – 18:24 WITA

Manado Today – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menargetkan ekspor komoditas unggulan daerah ini meningkat 12 persen setiap tahun. “Target ekspor rata-rata setiap tahun 12 persen dilihat dari perolehan devisa atau nilai, dan ini menjadi sasaran dalam beberapa tahun ke depan,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Sanny Parengkuan di Manado, Sabtu.

Sanny mengatakan, guna mencapai target minimal 12 persen setiap tahun, maka pihaknya terus gencar melakukan promosi ke berbagai negara terutama yang dipandang potensial menjadi pembeli komoditas unggulan daerah ini.

“Tahun 2011 ini akan mengarahkan promosi ke Belanda dan Jerman, dua negara yang selama ini tetap menjadi andalan dalam menghasilkan devisa bagi daerah ini,” kata Sanny.

Promosi ke Belanda, kata Sanny diwujudkan melalui keikutsertaan pada Pasar Malam Indonesia di Belanda yang direncanakan berlangsung 1-7 April 2011. Keikutsertaan Sulut dalam ajang promosi di kawasan Eropah ini, kata Sanny diharapkan akan mendorong ekspor mengalami peningkatan baik nilai maupun volume.

“Produk turunan kelapa seperti minyak kelapa kasar dan minyak goreng sudah dikenal pasar Belanda, tetapi masih ada komoditas kelapa lainnya yang belum terjamah pembeli di kawasan itu, karena itu akan terus dilakukan promosi gencar,” kata Sanny.

Sabut kelapa, arang tempurung dan produk turunan kelapa lainnya diharapkan dapat menjadi komoditas baru untuk ke pasar Belanda dan juga Jerman. Selain komoditas turunan kelapa, kata Sanny, produk rempah (spices) bersama dengan produk perikanan diharapkan dapat menggebrak pasar lebih luas ke Belanda-Jerman serta potensi pasar di berbagai negara lainnya. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading