Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan, Pemerintahan

124 Kecamatan di Sulut Terima Kucuran PNPM Pedesaan

Redaksi Manado Today   |   29 April 2011 – 08:55 WITA

Manado Today – Sebanyak 124 kecamatan tersebar di 11 kabupaten se Sulawesi Utara (Sulut) mendapatkan anggaran melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan tahun 2011.
“Tahun 2011 Sulut mendapatkan anggaran PNPM Mandiri Pedesaan sebesar Rp133,4 miliar dan telah dibawa ke Jakarta untuk disampaikan pada rapat kerja nasional,” kata Kabag Humas Pemprov Sulut Christian Sumampouw, di Manado, Kamis.
Rapat kerja nasional PNPM Mandiri Pedesaan yang dilaksanakan 28 April 2011, Sulut diwakili langsung Wagub Djauhari Kansil dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Sulut FD Rotinsulu.
Dari total anggaran PNPM mandiri itu Rp. 133,4 miliar itu, terdiri dari Dana APBN Rp 106,7 miliar dan APBD baik tingkat provinsi dan masing-masing kabupaten sekitar Rp26,6 miliar.
Adapun ke 11 kabupaten se Sulut mendapatkan program itu, yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Bolmong Selatan, Bolmong Timur, Bolmong Utara, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Sitaro, Kepulauan Talaud.
Kemudian, Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, dan Minahasa Tenggara.
“Program tersebut di Sulut sejak beberapa tahun terakhir berjalan baik dan optimal, karena peran masyarakat membantu langsung kegiatan itu,” katanya.
Menurutnya, program itu sebenarnya sebagai upaya untuk memotivasi masyarakat agar selalu kreatif dan menjadikan sarana pemberdayaan di desa masing-masing, agar selalu sukses dan tidak terjerat kemiskinan.
Tujuan umum PNPM Mandiri Pedesaan adalah meningkatnya kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin di pedesaan, dengan mendorong kemandirian dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan.
Sementara tujuan khususnya meliputi, meningkatkan partisipasi seluruh masyarakat, khususnya masyarakat miskin dan atau kelompok perempuan, dalam pengambilan keputusan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pelestarian pembangunan Melembagakan pengelolaan pembangunan partisipatif dengan mendayagunakan sumber daya lokal, mengembangkan kapasitas pemerintahan desa dalam memfasilitasi pengelolaan pembangunan partisipatif, menyediakan prasarana sarana sosial dasar dan ekonomi yang diprioritaskan oleh masyarakat.
Melembagakan pengelolaan dana bergulir, mendorong terbentuk dan berkembangnya kerjasama antar desa dan mengembangkan kerja sama antar pemangku kepentingan dalam upaya penanggulangan kemiskinan perdesaan. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading