Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

15 Kabupaten/Kota Sulut Belum Raih Opini WTP

Staff Manado Today   |   3 Oktober 2011 – 09:40 WITA

Manado Today – 15 kota/kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara belum meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam hal pengelolaan keuangan daerah.

“Kota/kabupaten dapat mencontoh pengelolaan keuangan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian,” ujar Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Sinyo Harry Sarundajang, di Manado, Minggu.

Dia mengatakan salah satu keberhasilan yang bisa dicontoh kabupaten/kota adalah penyajian laporan keuangan yang mengikuti dasar-dasar akuntansi keuangan daerah.

“Penyajiannya harus bagus, tepat waktu, teliti dan cermat. Pemprov siap membantu sehingga kota/kabupaten bisa meraih WTP,” kata Sarundajang.

Dia optimis Pemprov Sulut bisa meraih WTP untuk ketiga kalinya.

Menurutnya, ada beberapa kabupaten/kota yang yang tinggal selangkah lagi mampu mencapai WTP seperti pemerintah provinsi.

Karena itu di berharap pemerintah kota/kabupaten harus membangun sistem yang mengikuti dasar-dasar akuntansi keuangan daerah.

“Perlu kemauan keras melakukan perubahan. Kalau tidak, harapan memroleh WTP belum bisa dicapai,” tambahnya.

Salah satu paradigma yang harus diubah pejabat menurut Sarundajang adalah kebijakan, apalagi kalau kebijakan tersebut di luar dari biasanya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel bisa dilihat dari opini BPK. Karena itu perlu dilakukan pembenahan, ada aksi memerbaiki persoalan pengelolaan keuangan untuk tampil lebih baik dalam hal penyajiannya,” tandasnya.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Utara 24 Agustus lalu mengumumkan opini pengelolaan keuangan sembilan kota/kabupaten masing-masing Kota Bitung, dan Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Bolaang Mongondouw dan Kabupaten Sitaro.

Selain itu, Kabupaten Sangihe, Bolaang Mongondouw Selatan, Talaud dan Bolaang Mongondouw Utara.

Hanya Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa yang meraih opini BPK Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Enam kota/kabupaten dinilai tidak wajar dan Kabupaten Bolaang Mongondouw Selatan tidak diberikan opini oleh BPK. (ant/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading