Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

15 Kecamatan di Minsel Kantongi Korban Bencana

Staff Manado Today   |   4 April 2011 – 20:07 WITA

Manado Today – Ratusan rumah di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Sulawesi Utara, rusak berat dan ringan akibat terjangan angin puting beliung pada 2-3 Maret 2011.“Rumah-rumah yang rusak tersebar di 15 kecamatan se-Minsel, dan langsung ditinjau Bupati Minsel,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minsel Handry Komaling, Senin.

Seperti rumah milik keluarga Sonambela-Ulaan di Desa Kilometer Tiga, Kecamatan Amurang, dan rumah milik keluarga Paat Tuuk di Motoling, rusak akibat dihantam pohon yang tumbang setelah disapu puting beliung.

Berdasarkan laporan yang diterima BPBD Minsel, terhitung 200 lebih rumah di beberapa kecamatan yang kini rusak dan nyaris rata tanah.

Terjangan angin itu tidak hanya telah menyebabkan pohon-pohon bertubangan, tetapi juga telah membuat tanah longsor.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Minsel Rolly Karamoj melalui Kabid Bencana Alam Dra Frida Oflagi, mengatakan bahwa terjangan puting beliung selama dua hari itu telah dilaporkan kepada pemerintah daerah.

Data sementara, rumah dengan kategori rusak berat berjumlah 34 buah, sebagian besar terjadi di Kecamatan Motoling, Tumpaan, Amurang dan sebagainya.

Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Minsel, kata dia, kini hanya mengambil langkah tanggap darurat saja, sedangkan untuk menangani kerusakan dilakukan Badan Penangggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minsel.

Anggota DPRD Minsel Ritha Kawung meminta pemerintah daerah segera bertindak untuk membantu keluarga yang mengalami musibah tersebut.

“Mereka yang kehilangan rumah maupun tidak, tetap harus dibantu sebagai solusi tanggap darurat,” ujarnya. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading