Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Lintas Berita

15 Negara Dipastikan Hadiri Konferensi Awal ARF DIREX

Redaksi Manado Today   |   24 Agustus 2010 – 10:40 WITA

Manado Today — Dalam rangka menyukseskan perhelatan internasional Disaster Relief Exercise (ARF DIREx) bulan Maret 2011 mendatang, Pemprov Sulut selaku tuan rumah penyelenggara mengadakan pertemuan dengan Initial Planning Conferencel Site Surveys (IPC/SS) yang juga merupakan panitia se ASEAN Regional Forum ini.Konferensi perencanaan awal yang rencananya akan berlangsung hingga 27 Agustus mendatang, dihadiri 15 dari 26 negara peserta ARF dan Uni Eropa yang merupakan perancang latihan dan pembuatan keputusan di bidang penanggulangan bencana.
Plt Gubernur Sulut Drs Robby Mamuaja yang diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Drs F Mewengkang MM ketika membuka konferensi di Grand Kawanua Convention Centre (GKCC) Kairagi Manado, mengatakan Pemerintah memberikan perhatian serius untuk penanganan dan penanggulangan bencana di tanah air, apa terlebih diterbitkannnya UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana yang meliputi penanggulangan pra bencana, saat tanggap darurat dan pasca bencana.

“Sulut merupakan daerah rawan bencana karena terletak pada posisi antara beberapa lempeng (patahan) dan juga terdapat beberapa gunung api yang masih aktif. Oleh karena itu Pemprov Sulut memberikan apresiasi yang tinggi kepada ARF yang termasuk pemerintah Jepang yang telah memprakarsai kegiatan ini,” kata Mewengkang.
Sementara itu, Delegasi Indonesia yang menghadiri kegiatan tersebut, diantaranya perwakilan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Delegasi Indonesia terdiri dari perwakilan dari BNPB, selaku focal point di bidang penanggulangan bencana, bekerjasama dengan berbagai kementrian/instansi terkait, antara lain Kementrian Luar Negeri, Kementrian Pertahanan, Kementrian Pekerjaan Umum, Kementrian Komunikasi dan Informatika, Kementrian Kesehatan, Kementrian Sosial, Markas Besar TNI, Badan SAR Nasional, dan Pemprov Sulut. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading