Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa

2010, Penduduk di Sulut Capai 2,2 Juta Jiwa

Redaksi Manado Today   |   19 Agustus 2010 – 05:14 WITA

Manado Today – Berdasarkan hasil sensus penduduk yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, saat ini jumlah penduduk di Sulut, telah mencapai 2.265.937 jiwa. Hal itu disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, Jasa Bangun.
Menurutnya lagi, dari jumlah tersebut, terdiri dari laki-laki 1.157.559 jiwa dan perempuan 1.108.378 jiwa, yang penyebaran penduduk masih bertumpu di Kota Manado 18 persen, diikuti Kabupaten Minahasa 13,7 persen, Bolaang Mongondow, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, dan Kota Bitung dengan sebaran penduduk hampir sama yakni berkisar delapan hingga sembilan persen.

“Dibandingkan dengan luas wilayah Sulut 14.499,08 kilometer persegi, kata Jasa maka rata-rata tingkat kepadatan mencapai 156 orang per kilometer persegi,” kata Jasa Bangun, Rabu (18/08/2010).

Disampaikannya lagi, dilihat dari Kabupaten/Kota, Manado-lah yang merupakan daerah terpadat di Sulut setiap kilometer persegi terdapat 2.505 jiwa, sedangkan paling rendah penduduk yakni Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dengan tingkat kepadatan hanya 32 orang per kilometer persegi.
“Laju pertumbuhan penduduk Provinsi Sulawesi Utara(Sulut) per tahun selama 10 tahun terakhir ini mencapai 1,41 dengan laju tertinggi penduduk Kota Bitung,” kata Jasa. 
disisi lain kata Jasa, untuk Kota Bitung, mencatat laju pertumbuhan tertinggi yakni setiap tahun tumbuh 2,99 persen, sedangkan diurutan berikutnya Kabupaten Minut dengan laju pertumbuhan penduduk 2,49 persen dan terendah Kabupaten Sangihe dengan pertumbuhan minus 0,09 persen.
“Kota Bitung merupakan daerah kota dengan karakteristik ekonomi industri serta kota pelabuhan menjadikan kota ini sebagai sasara migrasi penduduk, selain itu masih tersedia lahan cukup luas untuk area pemukiman makanya pertumbuhan penduduk sangat cepat,” kata Jasa. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading