Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan, Pemerintahan

2011 Disperindag Targetkan 1000 IKM Baru

Staff Manado Today   |   25 April 2011 – 22:43 WITA

Manado Today – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara (Sulut) menargetkan 100 industri kecil menengah (IKM) baru pada tahun 2011.“Penciptaan IKM baru tidak mudah, sebab programnya harus jelas dan terencana dengan baik, tetapi untuk tahun ini targetkan 100 wirausaha baru dapat diciptakan,” kata Kepala Bidang Fasilitasi dan Pengembangan IKM Sulut, Disperindag Sulut, Nico Rambitan, di Manado, Senin.
Nico mengatakan, tahun ini, Disperindag Sulut mencanangkan program penumbuhan wirausaha dan revitalisasi IKM, ini diharapkan dapat memunculkan IKM baru yang potensial dan mampu bersaing di era perdagangan yang sangat ketat.
“Perhatian terhadap pemberdayaan IKM tidak cukup kalau hanya melihat dari sisi permodalan saja, karena terbukti ada yang mendapat bantuan pemerintah atau perbankan, tetapi malah bangkrut,” kata Nico.
Begitu juga bantuan peralatan, kata Nico nasibnya hampir sama, IKM akhirnya bukannya lebih berkembang tetapi justru sebaliknya secara perlahan mulai redup karena tidak mampu mengefisienkan teknologi yang diterima tersebut.
“Jadi permasalahannya bukan di modal dan teknologi, tetapi yang lebih dominan justru kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang rendah serta motivasi tidak mendukung,” kata Nico.
SDM harus menjadi perhatian, karena itu, kata Nico, Disperindag Sulut tahun ini merencanakan peningkatan kemampuan, kecakapan maupun ketahanan serta motivasi dan mampu berinovasi serta penguasaan terhadap pasar.
“Peningkatan kapasitas IKM terutama diarahkan pada komoditas unggulan Sulut yakni produk turunan kelapa dan perikanan,” kata Nico.
Produk kelapa yang akan dikembangkan terutama chemical oil atau turunan yang langsung dapat diolah menjadi produk jadi seperti mentega dan lainnya, karena nilai tambahnya lebih besar.
“Kita tidak menciptakan IKM dagang, tetapi diarahkan pada industri, dan ini hanya mampu tercapai bila mereka memiliki SDM yang memadai dan motivasi kuat untuk terus maju,” kata Nico. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading