Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

2011 TKA di Bitung Menurun

Staff Manado Today   |   29 Juli 2011 – 10:41 WITA

Bitung Today – Jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu jumlah tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di sejumlah perusahaan di Kota Bitung di tahun 2011, mengalami penurunan yang sangat signifikan, walaupun di Kota Bitung sendiri tercatat sebagai Kota pelabuhan dan Industri yang memiliki sekitar 400-an Perusahaan.

Demikian menurut Kepala Seksi Penyediaan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bitung, Roy Moleh S Sos.

Dari data yang dimiliki, di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bitung, diuraikan Moleh, pada tahun 2009 tenaga kerja asing yang bekerja di sejumlah Perusahaan Milik Daerah (PMD) dan Perusahan Milik Asing (PMA), berjumlah 129 orang. Tahun 2010 TKA yang memiliki Ijin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA) mengalami penurunan yakni 57 orang.

” Sementara Januari-Juli 2011 tenaga kerja asing yang memiliki IMTA tinggal 44 orang,” urai Moleh.

Penurunanan Jumlah tenaga asing yang bekerja di Kota Bitung, selang tiga tahun terakhir ini kata Moleh, kemungkinan disebabkan oleh penerapan paru tahun oleh perusahaan terhadap tenaga kerja asing.

”Penurunan jumlah TKA yang bekerja di Kota Bitung kemungkinan disebabkan banyak perusahaan yang menerapkan sistem paruh Tahun (6 Bulan, red). Yang tentunya akan berimbas pada pendapatan daerah atau devisa Negara,” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading