Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

2011, Wisatawan Dunia Masuk ASEAN sekitar 73.8 juta Jiwa

Tonny Sumakul   |   11 Januari 2012 – 22:36 WITA

Manado, MTC – Kemajuan sektor pariwisata di Negara-negara ASEAN selang beberapa tahun terakhir, nampaknya terus meningkat. Buktinya, di tahun 2011 lalu, jumlah wisatawan dunia masuk ke ASEAN, sekitar 73.8 juta jiwa.
“Ini adalah pertumbuhan yang sehat. Intra – ASEAN travel, mempertahankan posisinya sebagai penyumbang utama wisatawan,” demikian diterangkan dalam rilis pertemuan 15 Menteri Pariwisata ASEAN serta Negara mitra, dalam kegiatan ASEAN Tourism Forum (ATF) yang berlangsung di Grand Kawanua Convention Center (GKCC) Manado, Rabu (11/1/2012).
Selain itu, dalam pertemuan para Menteri Pariwisata itu, mencatat bahwa kemajuan pelaksanaan ASEAN Tourism Strategic Plan (ATSP) 2011-2015, dimana semua kelompok kerja pariwisata dan komite ASEAN, sudah mengidentifikasi langkah-langkah rinci untuk melaksanakan ATSP 2011-2015 tersebut. Untuk mendukung pelaksanaan ATSP lebih lanjut, akhirnya disepakati sepakat untuk meningkatkan kontribusi tahunan untuk ASEAN NTOs Fund.
Sementara itu, Menteri- Menteri Pariwisata juga mengakui, kemajuan langkah-langkah Master Plan ASEAN Connectivity (MPAC) yang akan membawa kemajuan di berbagai sektor di ASEAN, terutama pariwisata, transportasi dan telekomunikasi.
Para Menteri juga, akan menyambut pemberlakuan Persetujuan ASEAN Multilateral Agreement on the Full Liberalisation of Passenger Air Services (MAFLPAS), dimana persetujuan itu akan meningkatkan dan memfasilitasi lebih lanjut layanan konektivitas udara dan dengan sendirinya mendukung pengembangan pariwisata di kawasan ini.
“Salah Persetujuan tersebut yakni kesepakatan ASEAN-China Air Transport Agreement beserta Protokol 1 nya, yang akan meningkatkan aksesibilitas udara antara negara anggota ASEAN dan China, yang adalah sumber pasar utama bagi pariwisata ASEAN,” ujar mereka dalam rilis lagi.
Kesepakatan lain yang dilakukan para Menteri, yakni akan melanjutkan dan mempercepat pelonggaran persyaratan visa bagi warga negara ASEAN, melalui implementasi ASEAN Framework Agreement for Visa Exemption yang ditegaskan kembali oleh para pemimpin ASEAN pada ASEAN Summit ke-19. Bukan hanya itu, para Menteri menyambut baik inisiatif untuk mengembangkan visa umum ASEAN, untuk warga negara non-ASEAN di masa depan yang akan berkontribusi pada proses pembangunan Komunitas ASEAN, serta integrasi ASEAN yang lebih besar dan kontribusi kepada masyarakat global.
Terkait dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata, para Menteri mengapresiasi kemajuan yang dicapai oleh negara-negara ASEAN, dalam menetapkan persyaratan yang diperlukan oleh Mutual Recognition Arrangement (MRA) seperti Badan Sertifikasi Profesi Pariwisata dan Badan Profesional Pariwisata Nasional.
Pertemuan itu lagi, para Menteri menyatakan penghargaan mereka kepada Pemerintah Australia, yang sudah melaksanakan sejumlah proyek pariwisata di ASEAN, melalui Kerja Sama ASEAN-Australia Development Programme (AADCP). Sebab, dari hasil ASEAN Tourist Guide Contest 2011 yang diadakan pada 24-28 September 2011 di Yogyakarta, Indonesia, didorong Asosiasi Pemandu Wisata Asia Tenggara untuk mempertahankan dalam mengadakan kompetisi ini di masa yang akan datang.
Para Menteri mencatat pengembangan Pedoman Keamanan dan Keselamatan Pariwisata ASEAN yang berfokus pada hotel dan fasilitas di resort. Pedoman tersebut akan melengkapi sektor pariwisata ASEAN dalam upaya untuk menciptakan dan memelihara lingkungan yang aman dan nyaman sebagai dasar pengembangan pariwisata berkelanjutan. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading