Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

3.359 ton CCO Sulut Diekspor ke China

Staff Manado Today   |   12 Juni 2011 – 13:15 WITA

Manado Today – Sebanyak 3.359 ton minyak kelapa kasar atau crude coconut oil (CCO) milik Sulawesi Utara diekspor ke China pada pekan kedua Juni 2011. “Ekspor CCO sebanyak 3.359 ton itu menghasilkan devisa 6,53 juta dolar Amerika Serikat (AS),” kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Hanny Wajong di Manado.

Hanny mengatakan, ekspor lebih dari tiga ribu ton CCO tersebut dalam empat kali pengiriman ke pembeli di negara tirai bambu tersebut. “Empat kali pengiriman tersebut terlihat pada surat keterangan asal (SKA) komoditas tersebut yang tercatat empat kali,” kata Hanny.

China saat ini merupakan negara yang sangat potensial sebagai pembeli CCO Sulut, terlihat pada realisasi ekspor ke negara tersebut yang cenderung meningkat akhir-akhir ini. “Potensi pasar China terus memperlihatkan peningkatan yang cukup tajam, ini sesuatu yang menggembirakan bagi pertumbuhan ekspor Sulut ke depan,” kata Hanny.

Kepala Seksi Ekspor Impor Disperindag Sulut, Son Sangadi mengatakan, pasar China memang menjadi salah satu tujuan komoditas unggulan Sulut. “Pasar China cukup besar terlihat realisasi ekspor dari tahun ke tahun ke negara ini yang tetap berada pada posisi satu hingga tiga besar,” kata Son.

China hampir selalu mendominasi sebagai pembeli komoditas unggulan Sulut, karena hampir selalu berada ditiga besar sebagai penghasil devisa bagidarah ini,” kata Son.

CCO merupakan produk unggulan daerah ini, karena hingga sekarang menjadi penyumbang terbesar ekspor Sulut. Produk yang merupakan olahan selanjutnya dari kopra ini, sampai saat ini masih tercatat mendominasi perolehan devisa ekspor Sulut. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading