Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Press Release

30 Sukarelawan Belajar Menyelamatkan Hewan Liar

Staff Manado Today   |   7 September 2011 – 11:55 WITA

PPS Tasikoki PCC Bitung Volunteer Camp 29 Agustus – 2 September 2011

PPS Tasikoki Volunteer Camp

PPSTasikoki Volunteer Camp

MENGISI libur Lebaran 2011 lalu, Lembaga kursus bahasa Private Course Class Bitung bekerja sama dengan Pusat Penyelamatan Satwa Tasikoki (PPST) menyelenggarakan camp sukarelawan selama lima hari. Acara ini diikuti oleh sekitar 30 siswa SMAN 1 Bitung serta 4 orang mahasiswa Universitas Negeri Manado. Dalam camp sukarelawan ini, peserta diajak untuk lebih mengenal alam dan hewan khas Sulawesi selama 5 hari. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan melatih peserta berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan bekerja bersama sukarelawan asing yang sedang berada di PPST.

Kamp dimulai pada Senin 29 Agustus 2011 pagi dengan tur keliling area PPST. Dalam tur itu peserta diperkenalkan ratusan hewan yang sedang dalam proses rehabilitasi di PPST. Hewan-hewan tersebut berasal dari sitaan dari penyelundupan perdagangan liar yang tertangkap aparat dan peliharaan masyarakat. Mereka mendapat penjelasan mengapa hewan liar tidak boleh dipelihara, diburu, dan dikonsumsi, juga mengenai Undang-undang no 5 tahun 1990 yang mengatur hal tersebut.

PPS Tasikoki Volunteer Camp

PPS Tasikoki Volunteer Camp

Kemudian para peserta camp dibagi ke dalam kelompok-kelompok. Satu kelompok mengerjakan proyek pembuatan sangkar rehabilitasi Rajawali Kuskus (Aquila gurneyi). Sangkar ini perlu dibangun karena saat ini di PPST tidak ada sangkar yang memadai untuk burung rajawali yang membutuhkan ruang besar. Sekarang burung rajawali tersebut tinggal di sangkar sempit dan hanya bisa bertengger. Sangkar dibuat menggunakan kerangka bambu yang diambil dari area hutan PPST.

Kelompok lainnya membantu perawat satwa untuk memberi makan dan membersihkan kandang. Sebagian peserta membantu perawat satwa mencari daun kelapa kering yang akan digunakan untuk membuat penghalang visual di antara kandang monyet. Penghalang visual ini diperlukan agar monyet mendapat kenyamanan, tidak selalu terekspos pada orang-orang yang lewat di sekitar kandang, juga untuk mengurangi kontak dengan kelompok monyet lainnya untuk mencegah perkelahian antar kelompok.

Setelah mencari daun kelapa kering, peserta membantu perawat satwa membuat tenggeran bagi burung-burung dengan menggunakan kayu dari pohon-pohon yang tumbang beberapa hari sebelum kamp. Setiap selesai bekerja, pendamping camp memberikan penjelasan kepada peserta tentang pengaruh pekerjaan yang mereka lakukan terhadap kehidupan hewan-hewan di PPST.

Selain bekerja, camp juga diisi dengan pemutaran film dan diskusi mengenai Babirusa. Ternyata dari seluruh peserta, tidak ada satupun yang pernah melihat babi rusa sebelumnya. Dari sesi ini, mereka mengenal hewan asli Sulawesi yang hampir punah itu. Setelah diskusi mereka membantu perawat satwa untuk memberi makan babirusa.

Camp diakhiri dengan acara bersih pantai bersama. Peserta membersihkan area pantai Tasikoki dari sampah-sampah yang bertebaran. Pada sesi evaluasi, para peserta mengaku mendapat manfaat dari kegiatan liburan ini. Miguel Lamongi (SMAN 1 Bitung) merasa senang bisa belajar lebih mandiri, mengenal hewan-hewan Sulawesi, serta lebih percaya diri berinteraksi dalam bahasa Inggris. Puji Paryanti (Universitas Negeri Manado) juga merasa sangat senang dan puas bisa belajar mengenal hewan Sulawesi dan hidup lebih dekat dengan alam.

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading