Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

3000 Peserta Bakal Ikuti Latihan Penaggulangan Bencana “Pacific Partnership”

Tonny Sumakul   |   27 Februari 2012 – 11:36 WITA

Manado (manadotoday.com) – Kegiatan latihan penanggulan bencana dalam ivent Pacific Partnership, yang akan berlangsung di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) 31 Mei hingga 15 Juni mendatang, diperkiarakan akan dihadiri 3000 peserta, dari seluruh Negara-negara di pasifik. Hal itu disampaikan Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS).
Menurutnya, terpilihnya Sulut sebagai tuan rumah kegiatan ini, sebab daerah Bumi Nyiur Melambai ini, dinilai sukses dalam pelaksanaan pelatihan penaggulangan bencana lalu.
“Ini adalah kebanggan bagi kita, sehingga dipercayakan lagi untuk sebagai tuan rumah kegiatan latihan penanggulangan bencana,” kata Sarundajang.
Lanjutnya mengatakan, untuk kegiatan penaggulangan bencana ini, akan banyak juga diisi dengan kegiatan social, dimana memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat, membangun sekolah dan puskesmas, serta sejumlah kegiatan social lainnya.
“Untuk kegiatan ini, akan banyak dilakukan di daerah kepulauan yang ada di Sulut, yakni Sangihe, Talaud dan Sitaro,” kata SHS sapaan akrab Gubernur Sulut itu.
Menariknya lagi dalam kegiatan ini kata Sarundajang, akan diikuti oleh pasukan Amerika Serikat, yang akan dating dengan kapal rumah sakit terbesar dunia, USNS Mecy, yang aka nada di Sulut selama 14 hari.
“Nantinya kapal itu akan berlabuh di Bitung, Manado dan kabupaten kepulauan, untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat,” tandasnya.
Sebelumnya, salah satu panitia daerah kegiatan Pacifik Partnership 2012 ini, Danlanudsri Letkol Pnb Jorry Koloay, menerangkan kalau kegiatan latihan Indonesia dan Amerika dalam penanggulangan bencana ini, akan melibatkan 12 negara kawasan Asia Pacific.
“Dalam persiapan kegiatan ini, sudah juga dilakukan site survey, Initial Planing Conference (IPC), Pre Deployment Site Survey (PDSS), dan Middle Planing Conference (MPC,” terang Koloay.
Ia menambahkan, kegiatan latihan penanggulangan bencana ini juga, agar jika ketika benar-benar terjadi bencana, semua sudah mengetahui apa yang akan dilakukannya. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading