Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

30,32 Persen, Pertumbuhan Kredit MKM Sulut

Redaksi Manado Today   |   28 Februari 2011 – 20:37 WITA

Manado Today - Kredit Mikro Kecil Menengah (MKM) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tumbuh 30,32 persen pada Januari 2011 dibandingkan pada tahun sebelumnya (YoY) dengan total nilai kredit terealisasi mencapai Rp10,37 triliun.

“Pertumbuhan kredit MKM capai 30,32 persen tersebut berarti lebih tinggi ketimbang pergerakan kredit secara umum yang hingga Januari 2011 hanya tumbuh 20,50 persen YoY,” kata Pemimpin Bank Indonesia (BI) Manado, Ramlan Ginting, di Manado, Senin.

Ramlan mengatakan, jumlah kredit MKM yang tersalur tersebut mampu mencapai pangsa 83,15 persen, karena total kredit perbankan Sulut per Januari 2011 hanya tercatat sebesar Rp12,47 triliun.

Kendati mengalami pertumbuhan, tetapi menurut catatan BI, kata Ramlan, kualitas kredit tetap terjaga tercermin dari rata-rata rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) sebesar 3,68 persen pada Januari 2011 untuk perhitungan secara umum. “NPL secara umum 3,68 persen dan karena pangsa kredit MKM mencapai 83,15 persen, berarti mencerminkan sebagian besar kualitas kredit MKM cukup baik,” kata Ramlan.

Outstanding kredit yang disalurkan perbankan di Sulut pada Januari 2011 sebesar Rp12,47 triliun, dibandingkan dengan dana pihak ketiga (DPK) hanya Rp11,57 triliun, pertanda fungsi intermediasi perbankan sangat baik. “Fungsi intermediasi perbankan baik tercermin dari prosentase loan to deposit ration (LDR) per Januari 2011 mencapai 107,73 persen,” kata Ramlan.

Berdasarkan jenis penggunaan dari keseluruhan kredit perbankan pada Januari 2011, kata Ramlan, paling tumbuh tinggi yakni kredit investasi capai 32,83 persen, diikuti kredit modal kerja 28,73 persen dan kredit konsumsi tumbuh 14,47 persen.

Ramlan mengatakan, optimistis tahun 2011 ini penyaluran kredit tumbuh lebih tinggi hingga mencapai angka prediksi pertumbuhan 40 persen, hal ini didasarkan pada rencana bisnis bank 2011 yang diajukan masing-masing pimpinan bank di Sulut. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading