Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nasional

40 Persen Bangunan di Jakarta tak Berizin

Redaksi Manado Today   |   24 November 2010 – 02:02 WITA

Kota Jakarta

Mayoritas di Wilayah Jakarta Barat
Jakarta Today – 40 persen dari 10.000 pengajuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, atau Sekitar 3.300 bangunan dinilai bermasalah, sebab tidak mengantongi IMB. Dari aekitar 1300 Bangunan yang terancam dilakukan pembongkaran oleh pihak Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan (P2B)itu, ternyata mayoritas berada di Jakarta Barat.
Menurut Kepala Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan (P2B) DKI Jakarta, Hari Sasongko seperti dilansir VivaNews, mengatakan proses sanksi yang selama ini diterapkan, baru sebatas hukuman administratif seperti penyegelan.
“Kami belum menerapkan UU No 28 tahun 2002 tentang bangunan gedung. Jika undang-undang itu dijalankan, hukuman yang diberikan bisa lebih berat. Apalagi jika konstruksi bangunan menyalahi ketentuan yang diterapkan,” ujar Hari di Jakarta, Selasa, 23 November 2010.
Selanjutnya Hari mengakui, pihaknya mengalami kesulitan dalam mendata bangunan yang berizin dan yang tidak berizin. Proses perizinan bangunan sudah ada sejak zaman Belanda, tetapi yang terdaftar baru setelah masa kemerdekaan. Maka dari itu masih banyak bangunan yang sampai sekarang belum terdata.
Bahkan, P2B pernah mencoba menghitung dari foto peta udara, namun bangunan yang terlihat seringkali tumpang tindih. Contohnya bangunan ruko yang dari peta udara terlihat hanya satu bangunan, tetapi di lapangan bisa ada lima ruko dengan kepemilikan yang berbeda.
“Sulit sekali menghitung tepatnya jumlah bangunan yang ada di Jakarta, termasuk yang berizin dan tidak berizin,” tegas dia.(vn)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading