Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

50 Siswa MA Jadi Penceramah di Bulan Ramadhan

Staff Manado Today   |   30 Juli 2011 – 12:23 WITA

Manado Today – Sebanyak 50 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Manado diutus menjadi penceramah di sejumlah masjid yang ada di Manado, Minahasa, Bitung dan Bolaang Mongondow, selama Ramadhan 1432 Hijriah.

“Ini merupakan kegiatan tahunan MAN Model Manado selalu kami gelar, di mana setiap bulan Ramadhan selalu ada siswa yang diterjunkan ke sejumlah masjid di Sulawesi Utara untuk memberikan ceramah mengenai puasa,” kata Kepala MAN Model Manado, Masyhar Kinontoa, di Manado.

Kinontoa mengatakan, para siswa yang diterjunkan tersebut berasal dari kelas X baik pria maupun wanita dan mereka masing-masing sudah dibekali dengan pelajaran keagamaan agar bisa berdakwah mengenai makna puasa dan memberikan pencerahan kepada umat Islam mengenai bulan suci Ramadhan ke masjid di mana mereka ditugaskan.

Pelaksanaannya, kata Kinontoa, dilakukan serentak pada hari kedua Ramadhan di beberapa masjid, selanjutnya bergilir ke masjid dan mushola lainnya di Manado, Bitung, Minahasa dan Bolmong, sesuai daerah para siswa itu bertempat tinggal.

“Selain menugaskan para santri melakukan dakwah di sejumlah kabupaten dan kota di Sulut, kami juga melakukan berbagai kegiatan dalam sekolah seperti ceramah agama yang secara bergiliran dibawakan para ustadz pembimbing, guru dan siswa MAN Model serta buka puasa bersama,” kata Kinontoa.

Kegiatan ini, kata dia, dimaksud untuk memberikan pendidikan agama secara mendalam kepada para santri terutama berhadapan dengan masyarakat luas sehingga mereka tidak canggung dan berani menghadapi situasi dan kondisi.

Sementara sejumlah siswa di MAN model Manado mengaku senang dengan kegiatan tersebut sebab artinya mereka bisa mengamalkan ilmunya di masyarakat, terutama menjadi penceramah di masjid dan mengajarkan kebenaran kepada umat Muslim.

“Kami senang dengan kegiatan ini karena bisa mengajak umat menjadi semakin dekat kepala Allah Tuhan Yang Esa selain menjadi ajang latihan bagi kami juga banyak manfaatnya sebab kami dapat banyak pahala,” kata siswi bernama Irna Bilulu.

Ia menambahkan kegiatan yang dilakukan setiap tahun bisa membawa manfaat yang banyak bagi umat serta mereka sendiri, dan para siswa serta siswi sangat senang dengan adanya kegiatan ini karena melatih mereka lebih bisa melakukan hal-hal yang bermanfaat di bulan Ramadhan.

Kegiatan ini akan dilakukan selama Ramadhan sampai selesai setelah itu para siswa yang diutus ke daerah-daerah masing-masing diberikan kesempatan untuk bersama keluarga merayakan Idul Fitri sebelum kembali masuk sekolah.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading