Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

50 Ton Tepung Kelapa Sulut Tembus Afsel

Staff Manado Today   |   13 April 2011 – 22:25 WITA

Manado Today – Provinsi Sulawesi Utara mengekspor tepung kelapa ke Afrika Selatan sebanyak 50 ton dengan nilai 129.250 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp1,1 miliar hingga pekan kedua April 2011.“Ekspor 50 ton tepung kelapa ke negara tersebut dilakukan dua kali, yakni pekan pertama dan pekan kedua bulan ini, masing-masing sebanyak 25 ton dengan nilai 68.750 dolar AS dan 60.500 dolar AS,” kata Kepala Seksi Ekspor Impor, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Son Sangadi di Manado, Rabu.

Son mengatakan, permintaan tepung kelapa dari pembeli Afrika Selatan mulai menunjukkan peningkatan seusai negara tersebut menjadi tuan rumah Piala Dunia Sepakbola (FIFA World Cup) tahun lalu.

“Seusai hajatan yang disaksikan jutaan manusia di dunia, permintaan tepung kelapa Sulut terus meningkat di negara tersebut,” kata Son.

Diperkirakan ekspor produk turunan kelapa ke negara tersebut akan terus meningkat di bulan-bulan mendatang menyusul masih tetap tingginya permintaan dari pembeli Afrika Selatan.

Selain Afrika Selatan, negara pembeli cukup dominan tepung kelapa Sulut pada bulan April 2011 ini yakni Rusia, Polandia, Belanda, Austria dan Spanyol.

Keenam negara tersebut, merupakan pembeli tepung kelapa tradisional bagi Sulut, karena setiap bulan meminta kiriman cukup banyak.

Sulut mampu memenuhi permintaan tepung kelapa dari beberapa negara, kata Son, karena terdapat sekitar lima pabrik pengolah produk tersebut dengan kapasitas produksi cukup tinggi.

Tepung kelapa, merupakan komoditas yang paling kontinu, karena hampir setiap minggu terealisasi ekspor ke sejumlah negara, katanya. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading