Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

60 Perusahaan di Bitung Lindungi Karyawan dengan Jamsostek

Redaksi Manado Today   |   19 April 2011 – 21:57 WITA

Bitung Today – Sekitar 60 perusahaan yang beroperasi di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) telah mengikuti program jaminan pekerja di Jamsostek
“Dari sekian banyaknya perusahaan yang ada di Kota Bitung, yang menyetorkan iuran jaminan pekerja di Jamsostek capai 60 persen,” kata Kepala Jamsostek Sulut, Arief Budiarto, disela pengobatan gratis di PT Multi Nabati Sulawesi, Selasa.
“Berharap semua perusahaan yang memperkerjakan pekerja agar ikut program Jamsostek, karena hal ini bukan hanya tuntutan undang undang tetapi bentuk kepedulian moral dari pemilik perusahaan,” kata Arief
Dengan adanya jaminan kepada pekerja, kata Arief, maka perusahaan akan memperoleh kemudahan ketika terjadi kecelakaan kerja atau kejadian lain yang tidak kita inginkan bersama.
Jamsostek dalam hal ini, kata Arief, terus melakukan sosialisasi kepada perusahaan terutama mereka yang belum ikut program jaminan pekerja.
“Disamping sosialisasi terus kami galakkan, Jamsostek juga bekerja sama dengan pihak terkait melakukan penyidikan perusahaan yang tidak mau memberi jaminan kepada pekerja,” kata Arief.
Arief mengatakan, kegiatan pengobatan gratis yang dilakukan terhadap pekerja di PT Multi Nabati Sulawesi (MNS), pabrik minyak goreng terbesar di Sulut, merupakan bagian dari layanan Jamsostek terhadap pekerja.
“Ada pos anggaran untuk meningkatkan kesejahteraan peserta, dan ini dimanfaatkan dengan memberi pelayanan secara gratis kepada peserta,” kata Arief.
Guna menjamin para peserta terjamin kesejahteraan dirinya, kata Arief, maka meminta peran serta pemerintah dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Bitung, untuk selalu proaktif mewajibkan perusahaan ikut program jaminan pekerja.
“Pemerintah harus memberi perhatian, karena Jamsostek sangat penting bagi para pekerja, memberikan manfaat ketika masalah datang, baik di dalam maupun di luar tempat kerja,” kata Arief.
Saat ini, Jamsostek telah melakukan berbagai upaya dalam memberikan pelayanan bukan saja bagi para pekerja, tapi masyarakat umum, seperti pemberian beasiswa terhadap pekerja berprestasi melalui keluarganya, kepedulian terhadap lingkungan, pengobatan gratis dan lain sebagainya. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading