Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Pasca Letusan Soputan, Ratusan Hektar Lahan Pertanian dan Perkebunan Rusak

David Masengi   |   22 September 2012 – 10:46 WITA

RATAHAN, (manadotoday.com)-Pasca letusan Gunung Soputan, sedikitnya ada ratusan hektar tanaman di areal pertanian dan perkebunan di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) rusak dan gagal panen. Kerusakan tanaman pertanian, jenis palawija dan perkebunan diakibatkan abu vulkanis yang menutupi tanaman di wilayah Mitra.Terparah di Wilayah Ratahan khusunya Desa Pangu. sementara areal perkebunan terparah di Kecamatan Silian Raya dan Kecamatan Toluaan.

Hukum Tua Desa Pangu Induk, Jafry Kawulusan menjelesakan ada sejumlah tanaman palawija, seperti rica, tomat dan sayuran yang terancam gagal panen karena sudah rusak dan mulai mengering. Padahal sebagian tanaman itu sudah siap panen.

” Kalau tidak ada bencana letusan soputan, rencananya tanaman itu akan dipanen akhir bulan depan,” ujarnya.

Bukan hanya tanaman yang siap panen yang rusak, ribuan bibit tanaman jenis palawija yang sudah siap tanam juga rusak akibat terkena abu vulkanis yang disemburkan gunung soputan.

Hal senada dikatakan petani kelapa di Kecamatan Toluaan dan Silian Raya, sebagian kelapa yang ada di kawasan itu juga rusak akibat terkena dampak letusan gunung Soputan.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading