Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Manado

8000 Ton CCO Sulut Tembus Negeri Kincir Angin Belanda

Redaksi Manado Today   |   30 Maret 2011 – 03:00 WITA

Manado Today – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pekan terakhir Maret 2011 mengekspor 8.000 ton minyak kelapa kasar atau crude coconut oil (CCO) ke Belanda dengan perolehan devisa sebanyak 17,22 juta dolar AS.

“Ekspor minyak kelapa ke Belanda, sekaligus memenuhi permintaan pembeli di negara tersebut yang menunjukkan peningkatan cukup besar dalam beberapa minggu belakangan ini, “kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan(Disperindag) Sulut, Sanny Parengkuan di Manado, Selasa.

Sanny mengatakan pasar Belanda selama ini dikenal sebagai pusat pemasaran berbagai komoditas unggulan Sulut untuk kawasan Eropah, dan saat ini beberapa diantaranya menunjukkan peningkatan signifikan seperti halnya minyak kelapa kasar.

Kendati permintaan cukup tinggi, kata Sanny tetapi Sulut tetap mampu memenuhi permintaan pasar karena di daerah tersebut terdapat empat perusahaan besar yang memproduksi minyak kelapa.

“Empat perusahaan produsen minyak kelapa kasar di Sulut yakni PT Bimoli, PT Multi Nabati Sulawesi, PT Agro Makmur Raya, ketiganya berlokasi di Kota Bitung dan PT Cargill di Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan,” kata Sanny.

Kepala Seksi Ekspor Impor Perdagangan Luar Negeri, Disperindag Sulut, Son Sangadi mengatakan, minyak kelapa kasar merupakan salah satu komoditas andalan Sulut yang selama ini selalu mendominasi realisasi ekspor.

“Tahun 2010 lalu nilai ekspor minyak kelapa kasar mencapai 191,24 juta dolar AS dengan volume sebanyak 180,68 ribu ton, dengan perolehan devisa tersebut menempatkan komoditas ini mencatat pangsa 33,32 persen,” kata Son. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading