Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Hukum dan Kriminal

Abdi Pindah ke Lapas Tuminting

Redaksi Manado Today   |   26 Juli 2010 – 20:08 WITA

Manado Today – Hari ini sekitar pukul 17.19 Wita, mantan Plt Walikota Manado Abdi Buchari, meninggalkan Rumah Tahanan Negara (rutan) Malendeng dengan menumpangi mobil Toyota Kijang dengan nopol DB 2608 AA.

Namun kepergian Abdi ini bukan dibebaskan atau dalam keperluan penyidikan, karena hari ini secara resmi Abdi menjadi penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tuminting.

“saya akan meminta peninjauan kembali atas kasus saya ini,” tutur Abdi saat akan dibawa ke lapas tuminting sambil menambahkan bahwa dirinya merasa tidak bersalah karena putusan dari PN Manado menyatakan dirinya bebas dan tidak bersalah dalam kasus MBH-Gate.

Diketahui perubahan status Abdi dari tahanan rutan menjadi tahanan lapas karena putusan Hakim Agung yang menyatakan dirinya bersalah dalam kasus MBH-Gate.

“sekarang, tindakan penahanan terhadap terdakwa sudah dihentikan, jadi yang sekarang dijalaninya yaitu putusan dari Hakim Agung,” jelas humas Kejati Reinhard Tololiu SH yang juga menambahkan bahwa eksekusi ini karena dilakukan karena sudah mempunyai kekuatan hukum Incra (tetap).

Semantara itu, ketika ditanyai tentang salah seorang eksekusi terhadap Freddy Sualang terkait kasus yang sama, Reinhard menjelaskann bahwa pihaknya belum menerima putusan dari tersebut dari Mahkamah Agung.

Diketahui Abdi dijatuhi hukuman 2 tahun penjara dengan subsidair 3 bulan dengan denda sebesar Rp 100 juta dengan uang pengganti Rp 75 juta sedangkan Sualang dijatuhi hukuman 2 tahun dengan denda Rp 100 juta Subsidair 5 bulan serta uang pengganti sebesar Rp 175 juta. (rafly)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading