Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Adilang, Berhandus dan Kumentas Bertarung jadi Sekda Definitif Sangihe

Redaksi Manado Today   |   27 April 2012 – 19:57 WITA

TAHUNA (manadotoday.com) – Bupati Sangihe, Drs HR Makagansa MSi, mengutus tiga pejabat untuk mengikuti Fit and Proper Test (FPT) Sekda Defenitif yang dilangsungkan di kantor Gubernur Sulut, Jumat (27/4/2012) sekitar pukul 15.00 Wita.
Ketiga nama pejabat yang diutus tersebut masing-masing, Drs Sukardi Adilang, Drs Maurits Berhandus SH, serta Ir Willy Kumentas MSi yang merupakan pejabat dari luar daerah.
Dengan demikian, harapan masyarakat Sangihe yang sudah tak sabar menanti Sekda Defenitif bakal segera terwujud, sehingga pelayanan administrasi di lingkup Pemkab Sangihe akan berjalan sebagaimana mestinya.
Hal ini tentu saja memunculkan berbagai argumen masyarakat terkait figur paling tepat untuk menduduki posisi orang nomor tiga di lingkup Pemkab Sangihe.
Drs Maurits Berhandus yang sebelumnya menjabat sebagai Plt Sekda dinilai memiliki peluang besar untuk menjadi Sekda defenitif. Namun, dari kalangan pejabat di lingkup Pemkab Sangihe menilai, Ir Willy Kumentas lebih berpeluang untuk menduduki posisi orang ke tiga di lingkup Pemkab Sangihe.
Kumentas yang saat ini sebagai staf ahli Gubernur Sulut itu, dinilai memiliki kemampuan dalam mengelola administrasi pemerintahan maupun keuangan di lingkup Pemkab Sangihe.
Sementara Drs Sukardi Adilang yang latar belakang pendidikan sebagai guru dinilai belum pantas untuk menduduki jabatan Sekda.
Johny Rompas, tokoh masyarakat Sangihe, kepada manadotoday, mengatakan, pihaknya sangat berharap, Gubernur Sulut, DR SH Sarundajang akan meloloskan Ir Willy Kumentas untuk menjadi Sekda Sangihe yang defenitif.
“Tanpa ada muatan apa-apa, kami berharap dalam pelaksanaan FPT Sekda, Gubernur Sulut diharapkan dapat mengakomodir nama Ir Willy Kumentas untuk menjadi Sekda Sangihe yang defenitif. Kami menilai, dari ketiga nama yang diusul mengikuti FPT Sekda Sangihe di kantor Gubernur, Ir Willy Kumentas yang paling layak menjabat Sekda Sangihe,” ujar Rompas seraya menambahkan bahwa, dalam karier birokrat, Kumentas memiliki rekam jejak yang sangat positif, apalagi yang bersangkutan saat ini menjabat staf ahli Gubernur Sulut.
Sementara itu, Sekprov Sulut Ir. Siswa Rachmat Mokodongan, mengatakan, bahwa ketiga pejabat yang mengikuti FPT Sekda Definitif Sangihe, memiliki peluang yang sama.
“Ketiganya memiliki peluang untuk menjadi Sekda definitif. Nantinya, hasil penilaian dari Baperjakat (badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan,red) yang melakukan FPT kepada tiga pejabat itu, akan dikirim ke Menteri Dalam Negeri,” ujar Mokodongan. (nal/ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading