Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Adipura Skala Kota Besar Target Kota Manado

Staff Manado Today   |   6 September 2011 – 23:43 WITA

Pencemaran Udara Masuk dalam Kategori Penilaian

vicky lumentut

Walikota Manado : Vicky Lumentut

Manado Today – Kota Manado kini sudah masuk penilaian Adipura skala Kota besar. Tak pelak, dalam waktu dekat Pemerintah Kota akan melakukan pengukuran emisi gas buang terhadap kendaraan.

Pasalnya, selain tetap menjaga kebersihan lingkungan bebas dari sampah, namun ternyata penilaian adipura skala kota besar 10 persen tingkat polusi udara. Hal ini diungkapkan Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut SH MM MSi DEA kepada wartawan.

“Kita akan melakukan pengujian emisi gas buang, tidak hanya untuk kendaraan dinas milik pemerintah, namun juga akan dilakukan terhadap kendaraan milik masyarakat. Nantinya akan dilakukan di pusat kota dan tempat-tempat keramaian lainnya, untuk mengambil sampel apakah telah terjadi pencemaran atau tidak. Karena salah satu persyaratan nilai Adipura yakni media udara yang memiliki bobot 10 persen,” jelas Lumentut.

Lanjut dikatakan Lumentut, pihaknya belum bisa memastikan kalau sudah terjadi pencemaran udara di Kota Manado, mengingat tim masih akan turun melakukan pengujian. Kalaupun sudah terjadi pencemaran melebih ambang batas Pemerintah akan melakukan langkah-langkah guna mengatasi tingkat pencemaran tersebut.

“Rekayasa jalur bisa saja dilakukan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan sehingga menyebabkan tingkat pencemaran,” tuturnya.

Selain itu media air yakni sungai dan sumur-sumur yang digali oleh masyarakat akan mendapat penilaian.” Penilaian media air juga akan dilakukan pengujian, seperti kadar deterjen, apakah telah melebihi. Tentunya akan ada langkah-langkah yang akan kita tempuh,”kata Lumentut.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading