Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Adiyanto : Pemerintah Daerah Harus Mampu Laksanakan PBB PP dan BPHTB Jadi Pajak Daerah

Aldy Monareh   |   7 Februari 2012 – 18:20 WITA
Sosialisasi Kemenkeu RI

Sosialisasi PBB-P2 dan BPHTB Kemenkeu RI

Bitung, (manadotoday.com) – Rencana pengalihan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB-PP) dan Bea Perolehan atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) oleh pemerintah pusat pada 2014 mendatang, sebagai pajak daerah sehingga seluruh penerimaan pajak menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD), pemerintah daerah diharapkan mampu melaksanakan dengan baik pungutan yang terkait di dalam PBB dan BPHTB.
Hal ini disampaikan oleh Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Ir Adiyanto MPA, disela-sela sosialisasi PBB-PP dan BPHTB dialihkan menjadi pajak daerah, Selasa (7/2/2012).
“Daerah bertangungjawab sepenuhnya atas punggutan yang terkait dalam PBB-PP dan BPHTB,” ujar Adiyanto.
Adiyanto jga menyebutkan dalam hal ini perlu keterlibatan masyarakat dalam proses perumusan kebijakan PBB-P2 dan BPHTB agar dapat mengontrol penggunaan dan penerimaan pajak.
Hal yang sam juga diungkapkan anggota DPR RI Ir Edwin Kawilarang dan Andi Timo Pangerang y anggota komisi XI DPR RI yang menjadi pembicara dalam sosialisasi ini. Keduanya berpendapat bahwa peran pemerintah daerah adalah amanat konstitusi yang harus dilaksanakan.
“Akan tetapi dalam perumusan baik PBB dan BPHTB diharapkan keterlibatan masyarakat untuk menyelaraskan dan menyatukan persepsi dalam penentuan nilai dan dampak sosial bagi masyarakat,” ujar keduanya.
Sementara itu Sekertaris Kota bitung, Edison Humiang memberikan apresiasi atas sosialisasi yang dilakukan. Humiang berharap seluruh instansi terkait dapat memahami dengan baik dan benar teknis kegiatan menyangkut kebijakan pemerintah pusat yang disampaikan dalam sosialisasi.
“Ditargetkan tahun 2014 kegiatan ini sudah dilaksanakan. Karena itu sangat diperlukan dukungan seluruh pihak terutama camat, lurah dan seluruh masyarakat agar program pemerintah ini berjalan sebagaimana mestinya,” jelas Humiang. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading