Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan, Headline

Afrika Selatan Pasar Potensial Tepung Kelapa Sulut

Redaksi Manado Today   |   9 April 2011 – 17:46 WITA

Manado Today – Afrika Selatan menjadi pasar potensial bagi Sulawesi Utara, khususnya tepung kelapa menyusul pengiriman yang terjadi hampir setiap bulan.

“Pasar Afrika Selatan terlihat potensi pasarnya terutama setelah sejak negara tersebut menjadi tuan rumah Piala Dunia Sepakbola,” kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Hanny Wajong, Sabtu siang.

Hanny mengatakan, pada pekan pertama di bulan April 2011 ini, sebanyak 25 ton tepung kelapa dibeli pembeli negara tersebut dengan mendatangkan devisa sebanyak 68.750 dolar AS. “Pengiriman tepung kelapa ke Afrika Selatan semakin kontinu, hampir setiap bulan ada yang dikirim memenuhi pembeli di negara tersebut,” kata Hanny.

Pengekspor tergerak mengekspor ke negara tersebut, karena terdorong harga beli yang ditawarkan lebih tinggi ketimbang beberapa negara Eropa lainnya. “Tepung kelapa di Afrika Selatan saat ini laku sekitar 2,75 dolar AS per kilogram, masih lebih tinggi ketimbang Polandia yang hanya sekitar 2,5 dolar AS, karena itu pengekspor terus memperbanyak volume yang dikirim,” kata Hanny.

Kepala Seksi Ekspor Impor, Disperindag Sulut, Son Sangadi mengatakan, tepung kelapa menjadi salah satu bahan baku untuk produk pangan di Afrika Selatan. “Masyarakat Afrika Selatan semakin menyukai produk pangan dari tepung kelapa, karena itu pengiriman ke negara ini terus menunjukkan peningkatan dari waktu ke waktu,” kata Son.

Komoditas tepung kelapa merupakan salah satu komoditas unggulan daerah ini yang tercatat paling banyak diminta berbagai negara di dunia. “Dalam setiap tidak kurang dari 40 negara di berbagai belahan dunia meminta kiriman tepung kelapa dari Sulut,” kata Son. Perusahaan di daerah ini mampu menghasilkan tepung kelapa berkualitas tinggi sesuai keinginan pembeli, karenanya permintaan terhadap komoditas ini terus bertambah. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading