Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Opini Today

Agama, Keberagaman dan Kegamangan : Bagian Ketiga

Staff Manado Today   |   14 Juli 2012 – 19:33 WITA

Oleh : Soleman Montori

Indonesia Adalah Bangsa yang Religius

montori

Soleman Montori

INDONESIA adalah bangsa yang religius. Mampukah keyakinan pemeluk agama yang diakui (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Kong Hu Chu) dan agama yang belum diakui menghargai keberagaman? Atau justru menjadi ancaman bagi keberagaman? Jika praktik keagamaan masih tetap menjadi ancaman bagi keberagaman, apa yang harus kita lakukan sebagai umat beragama untuk mencegahnya? Salah satu jawabannya adalah menjadikan keberagaman sebagai sebuah kesadaran yang produktif bagi toleransi dan untuk kerja sama kemanusiaan.

Saat ini, dignitas (martabat) keberagaman seiring dengan perkembangan dan perubahan politik, sosial, hukum, ekonomi, dan budaya menghadapi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan. Gangguan yang sering terdengar di antaranya adalah suara-suara yang memekakkan telinga dan keinginan dari individu atau kelompok yang memiliki tafsir tunggal dengan cara tidak menghargai keberagaman.

Agama, Keberagaman dan Kegamangan : Bagian Kedua

Usia bangsa Indonesia yang sudah 67 tahun merdeka, seharusnya membuat seluruh elemen bangsa bukan waktunya lagi berpikir gamang karena keberagaman, tapi nyatanya masih ada individu atau kelompok yang terus berpeluh lelah menentang keberagaman. Mereka harus kita yakinkan dengan kebenaran bahwa bangsa Indonesia yang beragam adalah Bhinneka Tunggal Ika, karena tak ada kebenaran yang mendua. (*)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading