Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Agustus 2011 PLTS Miangas Ditargetkan Selesai

Staff Manado Today   |   1 Mei 2011 – 20:24 WITA

Manado Today – Proyek pekerjaan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Pulau Miangas Sulawesi Utara (Sulut), target penyelesaiannya pada Agustus 2011 mendatang.“Rencana PLN pada Agustus 2011 PLTS (pembangkit listrik tenaga surya) kapasitas 85 kilowatt peak (KWp) di Miangas,” kata General Manager PLN Wilayah Sulut, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo), Wirabumi Kaluti di Manado, Minggu.

Wirabumi mengatakan, PLTS yang sedang dibangun di Miangas punya kapasitas baterei 300 kilowatt hour (KWh) mampu menghasilkan daya listrik hingga 85 KWp.

“Pembangunan PLTS Miangas tersebut merupakan bagian dari rencana pengembangan listrik 16 pulau di Sulawesi Utara (Sulut) guna memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat di daerah terpencil,” kata Wirabumi.

Tiga proyek PLTS saat ini yang sedang dalam pengerjaan, selain di Miangas, kata Wirabumi, yakni di pulau Marampit kapasitas 125 KWp dan di pulau Makalehi 260 KWp.

“Sebelumnya di pulau-pulau tersebut hanya dilayani pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD), akibatnya masyarakat tidak bisa menikmati layanan penerangan secara optimal,” katanya.

Satu PLTS yang sudah berhasil diselesaikan PLN dan saat ini sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar berlokasi di Pulau Bunaken.

“Jaringan listrik bersumber dari PLTS di pulau Bunaken saat ini dinikmati oleh sekitar 680 pelanggan,” katanya.

Kapasitas listrik PLTS di pulau Bunaken berkapasitas 335 KWp, dengan kapasitas battery banks sebesar 900 KWh, mulai digunakan masyarakat pada bulan Januari 2011.

Masyarakat sekitar lokasi wisata alam Taman Nasional Laut Bunaken, sebelumnya menggunakan PLTD kapasitas 5 KWh, yang hanya beroperasi 12 jam yakni jam 18.00 Wita hingga 06.00 Wita.(ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading