Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Agustus, Dishub Manado Uji Coba Angkot 50-50

Staff Manado Today   |   26 Juli 2011 – 10:51 WITA

Manado Today – Dinas Perhubungan (Dishub) Manado akan mulai melakukan uji coba program hitam putih atau 50-50 tepat 1 Agustus 2011 untuk angkutan kota basis Tuminting.

“Basis ini sudah menyurati kepada Wali kota Manado, Vicky Lumentut, dan menyatakan siap melakukan program tersebut, tinggal menunggu waktunya saja, dan sementara ini menunggu selesainya penyemprotan cat tanda untuk hitam dan putih,” kata Kepala Dishub Manado, Hany Waworuntu, di Manado.

Waworuntu mengatakan, meskipun basis Tuminting sudah menyatakan siap melakukan uji coba tersebut tetapi pihaknya tetap akan melakukan koordinasi dengan seluruh aparat yang terkait termasuk polisi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dikatakan Waworuntu, selain terus melakukan sosialisasi nantinya saat program tersebut juga akan tetap mereka evaluasi apakah benar- benat efektif dan bisa menaikan pendapatan sopir seperti yang dijanjikan pemerintah atau tidak, sehingga bisa diteruskan ataukah tidak.

Waworuntu mengatakan, jika berdasarkan evaluasi program tersebut baik dan bisa membuat perubahan, mulai dari kemacetan sampai ke pendapatan maka akan diupayakan untuk diberlakukan bagi semua basis yang ada di Manado supaya bisa membuat mereka jadi sadar dan tidak lagi menolak program pemerintah tersebut.

Bahkan, Waworuntu mengatakan, Dishub tetap melakukan sosialisasi dan berharap supaya para sopir angkutan kota Manado bisa memahami kalau program yang dibuat pemerintah ini semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan sopir serta untuk memecahkan masalah kemacetan yang terjadi di Manado selama ini.

Sementara itu, sejumlah sopir Tuminting mengakui program seperti ini pernah dilakukan pemerintah saat pelaksanaan konferensi kelautan tingkat dunia di Manado dan saat itu hasilnya sangat baik bagi mereka karena penghasilannya lebih banyak dari hari biasanya.

“Kami ikut saja dulu toh kami tidak akan bersinggungan dengan basis mana pun sehingga tak ada yang perlu dikhawatirkan coba saja dulu kalau memang tidak bisa membuat penghasilan naik tinggal ikut program sebelumnya,” kata seorang sopir basis Tuminting bernama Amir.

Program hitam putih atau 50-50 ini merupakan rencana pemerintah kota yang membagi waktu operasional semua angkutan kota di Manado menjadi 15 hari operasi dalam sebulan di setiap basis, jika Senin jalan hari berikutnya tidak begitu seterusnya sehingga jalanan Manado tidak lagi macet dan sopir dapat penghasilan yang tinggi karena penumpang tetap jumlahnya.

Untuk program ini, pemerintah merencanakan akan diberlakukan untuk semua basis yang ada di Manado dimana setiap basis dibagi menjadi dua jika ada 200 kendaraan akan jadi 100-100 dan setiap hari berganti-gantian beroperasi sehingga jumlah penumpang akan bertambah, sebab mobil kurang sementara yang menggunakan jasa angkot itu banyak. (ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading