Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Manado

Ai : Beliau Adalah Panutan dan Teladan Kami

Aldi Mawitjere   |   5 Januari 2012 – 18:57 WITA

Dari HUT EE Mangindaan ke-69
ai mangindaanTEPAT hari ini, 5 Januari 2012, Menteri Perhubungan EE Mangindaan berusia 69 tahun. Diusianya yang ke 69, telah banyak prestasi yang ditorehkan oleh Mangindaan senior ini.
Sebelum masuk dalam kancah politik, EE Mangindaan adalah seorang Perwira Tinggi TNI berpangkat Letnan Jendral. Menjadi Gubernur Sulawesi Utara periode 1995-2000, Mangindaan kalah itu masih aktif di dunia kemiliteran.
Tak dinyana, semboyan “Torang Samua Basudara” yang diperkenalkan oleh Mangindaan ketika itu, selalu diingat oleh seluruh warga daerah Nyiur Melambai hingga kini.
Usai menjadi Gubernur Sulut, Mangindaan pun turun gelanggang politik dan menjadi politisi senayan dua kali berturut-turut dari Partai Demokrat utusan Sulut dengan berhasil meraih suara terbanyak dari seluruh pesaingnya.
Sedikit me-review kilas balik Mangindaan dalam karir militernya, Mangindaan mengawali karir militernya pada tahun 1964. Bukan sedikit jabatan militer yang telah diembannya.Mulai dari Danton, Danyon hingga Danrem telah dilewatinya.
Usai menyelesaikan Lemhanas tahun 1990, Mangindaan diangkat menjadi Panglima Kodam VII/Trikora. Karir puncaknya di militer, saat menjabat sebagai Komandan Sekolah Staff dan Komando Angkatan Darat / Dan Seskoad dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal. Hingga akhirnya di masa Orde Baru, ia diangkat menjadi Gubernur Sulawesi Utara.
Tak muluk-muluk cita-cita seorang EE Mangindaan. Dia hanya ingin Negara Kesatuan Republik Indonesia yang lebih kuat dan baik sehingga dapat tercipta Indonesia yang sejahtera dan makmur.
Akhirnya Mangindaan langsung terjun di dunia politik di Partai Demokrat untuk menyalurkan aspirasi dan impiannya terhadap kemajuan Indonesia di masa mendatang.
Pernah menjadi Sekjen Partai Demokrat bukanlah hal yang biasa. Kualitas, kompetensi dan kepiawaian dari seorang EE Mangindaan sudah teruji ditingkat pusat.
Ketua Komisi II pun pernah diemban-nya ketika duduk sebegai legislator Senayan. Karena mendapat suara terbanyak disetiap pemilu yang diikuti Mangindaan, akhirnya Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono mempercayakan jabatan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi kepadanya.
Tak berhenti disitu, karena dinilai berhasil dalam tugasnya sebagai Meneg PAN dan RB, EE Mangindaan pun diangkat menjadi Menteri Perhubungan hingga saat ini.
Dimata Harley Mangindaan, sosok EE MAngindaan adalah seorang panutan dan teladan bagi seluruh keluarga besarnya. Pembawaan yang tenang dan low profile menjadi contoh bagi Mangindaan junior dalam memimpin kota Manado.
Karena EE Mangindaan menurut Wawali Manado ini, Ayahnya selalu mengandalkan Tuhan dalam hidupnya.(aldi)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading