Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Aktivis LH Sulut Kecam Kegiatan Penimbunan DAS Tondano

Aldi Mawitjere   |   2 Mei 2012 – 10:47 WITA
Johsua Pangkerego

Gundukan tanah yang ditimbun di DAS Tondano

MANADO, (manadotoday.com) —Alihfungsi melalui penimbunan tanah di sepadan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano tepatnya di kelurahan Pall Dua, jalan Yos Sudarso, Kecamatan Tikala, berujung kecaman dari aktifias lingkungan hidup (LH) Sulut, Lucky Tawas, Aktivis Yayasan Dokter Sander Batuna.

Pasalnya, fungsi bantaran sungai, menurut Tawas bahwa, dalam pembangunan mestinya berjalan bergandeng tangan dengankepedulian terhadap lingkungan hidup. Dia menjelaskan, seperti yang diketahui yang mana sungai adalah wadah serta jaringan air mulai dari mata air sampai muara dengan dibatasi kanan kirinya serta sepanjang pengalirannya oleh garis sempadan.

“Garis sempadan sungai adalah batas luar pengamanan sungai. Daerah sempadan sungai adalah daerah sepanjang kiri kanan sungai dihitung dari tepi sungai sampai garis sempadan sungai termasuk sungai buatan yg mempunyai manfaat penting untuk mempertahankan pelestarian fungsi sungai, baik yang telah dibebaskan maupun yang tidak dibebaskan,”jelasnya.

Lebih jauh Tawas menekankan, penting dilihat lagi karena bantaran sungai yang merupakan lahan pada kedua sisi sepanjang palung sungai dihitung dari tepi sungai sampai dengan kaki tanggul sebelah dalam.

“Saya tegaskan, fungsi bantaran sungai adalah tempat mengalirnya sebagian debit sungai pada saat banjir atau dikenal dengan high water channel. Penataan daerah sempadan sungai sebagai upaya agar kegiatan konservasi, pendayagunaan, pengendalian atas sumberdaya yang ada pada sungai dilaksanakan agar fungsi sungai tidak terganggu oleh aktivitas yang berkembang di sekitarnya,”terangnya lagi.

Seperti diketahui berdasarkan Permen PU Nomor 63/PRT/1993 ps ayat (1) huruf c, tentang Garis Sempadan Sungai dan Bekas Sungai, batas dataran banjir ditetapkan berdasarkan debit rencana sekurang-kurangnya untuk periode ulang 50 tahunan. Penetapan Peruntukan Tanah pada Daerah Sempadan Sungai oleh Gubernur berdasarkan usulan teknis dari pengelola dan masukan dari instansi terkait. Dan Permen PU Nomor 63/PRT/1993 pasal 4, pelaksanaan penggunaan tanah pada Daerah Sempadan Sungai harus memperoleh izin terlebih dahulu dari Gubernur. Sementara Permen PU Nomor 63/PRT/1993 pasal 11, secara garis besarnya pada daerah sempadan sungai dilarang membuang sampah, mendirikan bangunan untuk hunian dan tempat usaha.

“ Jadi penimbunan di DAS Tondano itu sudah jelas mengangkangi aturan lingkungan hidup yang berlaku di negara ini,”cetus Tawas menilai aktifitas penimbunan DAS Tondano.

Diketahui, DAS Tondano kini telah ditimbun tanah dan menurut Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Manado, Drs Joshua Pangkerego, pihaknya telah memberikan restu melalui permohonan pelaksana kegiatan penimbunan yakni, Fetje Rumambi.

“Memang BLH yang berikan ijin dengan adanya pemohon Fetje Rumambi dengan maksud memberdayakan tanah miliknya. Dan BLH berikan petunjuk jangan menggangu aliran sungai ketika melepas tanah. Pihak kami telah melihat kegiatan dilapangan dan ternyata tidak sesuai petunjuk yang diberikan. Hingga kami langsung berhentikan kegiatan tapi tetap masih tetap berjalan aktifitas penimbunan itu. Kabid pengawasan dan pengendalian BLH Manado pun sudah turun ke lokasi berhentikan kegiatan. Dan yang pasti dalam permohonan penimbunan tersebut tidak dipungut bayaran atau retribusi,”kata Pangkerego ketika dikonfirmasi. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading