Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Aktivitas Tambang Pasir Ancam Tanggul SMP 11 Bitung

Redaksi Manado Today   |   8 Mei 2011 – 16:54 WITA

Bitung Today – Tanggul milik SMP Negeri 11 Kota Bitung di kelurahan Tendeki Kecamatan Madidir, terancam ambruk akibat aktivitas pertambangan pasir yang lokasinya hanya berjarak dua meter dengan tanggul.

Belakangan, warga mencurigai aktivitas pertambangan galian C ini, yang diduga milik salah satu pejabat Pemkot Bitung, terindikasi tak memiliki izin.
“Permasalahan ini sudah beberapa kali kami sampaikan kepada pemerintah setempat. Namun sangat disayangkan Lurah Tendeki hingga kini belum merespon laporan kami,” tandas sejumlah Warga dan anggota Komite Sekolah SMP N 11 ini.
Menurut mereka situasi saat ini, mengancam keselamatan para anak sekolah serta keamanan gedung, apalagi pemilik tambang terkesan merencanakan akan merobohkan tanggul Sekolah. Parahnya lagi, Lurah terkesan melakukan pembiaran akan hal ini.
“Yang kami ketahui, lokasi tambang milik salah satu pejabat Pemkot Bitung, tidak memiliki ijin. Namun anehnya pemerintah setempat terkesan melakukan pembiaran. Dan ini terikndikasi Lurah melegitimasi warga untuk melawan hukum, ” ujar warga.
Pun demikian, meski hal itu milik pribadi harusnya melekat kepekaan sosial, karena, mengancam fasilitas sarana pendidikan yang jika dibiarkan akan berakibat fatal, disamping itu sejumlah pemukiman lokasi tambang juga terancam.
“Oleh karena itu pemkot Bitung diminta tanggap dan segera menindaklanjuti hal ini, jangan nanti menunggu bencana baru kemudian bertindak. Dan paling tidak akan ada deregulasi mana lokasi tambang dan mana lokasi pemukiman” harap warga. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading