Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

AMR Pacu Ekspor Minyak Kelapa ke Eropa

Redaksi Manado Today   |   23 Maret 2011 – 12:16 WITA

Bitung Today – PT Agro Makmur Raya (AMR), salah satu pengekspor hasil bumi dan industri di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) akan memacu ekspor minyak kelapa ke negara-negara Eropa tahun ini.

“Ekspor minyak kelapa kasar dan minyak goreng produksi AMR akan didorong agar nilai dan volume ekspor terus meningkat,” kata Kepala Operasional PT AMR Agusmen di Bitung.

Agusmen mengatakan, pasar Eropa sangat meminati produk minyak kelapa dari Sulut, karena itu permintaan dari negara-negara di kawasan tersebut terus naik dari tahun ke tahun. “Mulai tahun ini akan dipacu produksi pabrik sehingga mampu memenuhi permintaan yang tinggi dari pembeli di kawasan Eropa dan negara lainnya,” kata Agusmen.

PT AMR saat ini mampu memproduksi minyak kelapa berkisar 400-600 ton setiap hari, dari jumlah tersebut sebagian memenuhi kebutuhan dalam negeri dan permintaan berbagai negara.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sulut Janny Rembet mengatakan, makin tinggi permintaan terhadap minyak kelapa berdampak pada harga kopra petani sebab menjadi bahan bakunya.

“Saat ini harga kopra di tingkat pabrikan berkisar Rp8.300,00 per kilogram (kg), masih cukup tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, ini karena permintaan terhadap minyak kelapa terus meningkat,” kata Janny.

Disperindag, kata Janny berharap produsen minyak kelapa di daerah ini terus memacu ekspor ke berbagai negara, karena selain mendatangkan devisa bagi daerah, juga berdampak pada tingkat kesejahteraan petani meningkat. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading