Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

AMTI Nilai Bupati Minsel Tidak Tahu Aturan

David Masengi   |   20 September 2012 – 09:32 WITA

Sumengge : Bupati Tidak Delegasikan Pemerintahan Kepada Siapapun

AMURANG, (manadotoday.com) – Ketua Aliansi Masyarakat Transparansi Indonesia (AMTI) Pusat, Tommy Turangan SH menilai Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Christiany Eugenia Paruntu SE, tidak mengikuti aturan sesuai undang-undang no 32 tahun 2004, tentang fungsi, tugas serta kewenangan kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Pasalnya saat ini Bupati Minsel yang sedang tugas belajar di Amerika Serikat (AS), tidak menyerahkan roda pemerintahan ke Wakil Bupati Minsel Drs Sonny Tandayu, yang merupakan Wakil Bupati. Ironisnya tanggung jawab tersebut hanya di berikan kepada Sekdakab Minsel Drs MC Kairupan.

“Ini kan aneh dan patut jelas saja sudah menyalahi aturan sebagaimana diatir dalam undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang fungsi, tugas dan kewenangan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang didalamnya jelas mengatakan jika kepala daerah tidak ada di tempat, maka yang harus mengendalikan pemerintahan adalah wakil Bupati. Tapi anehnya amanat undang- undang ini, jelas dilangar dengan surat penujukan yang dikeluarkan Paruntu ke Sekdakab, MC Kairupan untuk menggantikan posisi Buapti sementara waktu,” tandasnya.

Lanjut dia, menegaskan seharusnya tugas tersebut tidak boleh dirangkap oleh Sekdakab dan Sekdakab tidak boleh mengambil tugas ini karena menyalahi aturan apalagi wakil Bupati belum dinonaktofkan dari jabatannya.

“Harusnya Sekdakab Minsel yang merupakan birokrat handal tahu aturan dan menjadi penghubung bupati, bukannya sebalikanya” ketusnya.

Sementara itu Sekdakab Minsel Drs MC Kairupan melalui Kabag Humas Pemkab Minsel Alvons Sumenge SSTP saat di konfirmasi manadotoday mengatakan kalau Bupati tidak mendelegasikan tugas dan wewenang kepada siapa, apalagi kepada Sekdakab Minsel.

“Jalannya pemerintahan tetap dipantau Bupati dari Amerika. Dan tidak didelegasikan kepada siap-siapa ” tandasnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading