Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Antisipasi Krisis Pangan, Warga Diminta Rubah Pola Makan

Aldy Monareh   |   18 Januari 2012 – 10:28 WITA
Lusye Macalawang

Ir Lusye Macalawang

Bitung, (manadotoday.com) – Tingginya harga kebutuhan pokok saat ini, yang dapat mengancam ketahanan pangan, Kepala Dinas Pertanian Kehutanan dan Ketahanan Pangan, Ir Lusye Macalawang, menghimbau masyarakat dapat merubah pola makan.
”Jika sehari 3 kali makan nasi, saya sarankan dua kali saja dan yang ketiga kita ganti menunya dengan Jagung dan umbi-umbian,” ujarnya.
Hal ini dilakukan, untuk mengurangi biaya hidup masyarakat itu sendiri, apalagi harga Jagung saat ini sangat terjangkau, dan bervitamin tinggi.
”Memang sebagian besar kita sudah tidak terbiasa lagi dengan pola makan seperti ini. Tapi lama-lama kita pasti terbiasa,” ujarnya.
Sebetulnya kata Macalawang pola makan seperti ini sudah dilakukan oleh para orang tua dulu, namun seiring berjalannya waktu pola makan seperti ini saat ini sudah jarang silakukan.
”Orang tua dulu kuat dan sehat ketika melakukan pola makan seperti ini. Ini dibuktikan dengan keberhasilan mereka menyekolahkan anak-anak mereka. Dan ini artinya apa yang sudah mereka lakukan pada waktu lalu , dapat kita adopsi dan dilakukan pada zaman modern ini,” kata Macalawang sembari menambahkan disamping merubah pola makan program sentuh tanah sangat efektif dilakukan untuk menunjang program Ketahanan Pangan. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading