Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung, Headline

APBD Kota Bitung TA 2012 Diketuk

Aldy Monareh   |   6 November 2011 – 06:16 WITA
Hanny Sondakh

Penandatanganan oleh Walikota Hanny Sondakh

Bitung, MTC – Setelah melalui berbagai pembahasan yang alot antara pihak eksekutif dan legislatif Kota Bitung, akhirnya APBD Kota Bitung Tahun Anggaran (TA) 2012 resmi ditetapkan.

Hal ini terungkap dalam rapat Rapat Paripurna DPRD pembicaraan tingkat II Ranperda APBD TA 2012, yang dipimpin oleh Ketua DPRD Santi G Luntungan, setelah seluruh fraksi yang terdiri dari Fraksi PKPI, Golkra, PDI P, Fraksi Amanat Nurani Reformasi, serta fraksi PIR, menyatakan menerima dan menyetujui Ranperda tersebut untuk kemudian dijadikan Peraturan daerah (Perda).
Dalam laporan gabungan komisi Yang dibacakan oleh Nelly Worotikan terungkap APBD Kota Bitung pada TA 2012 adalah pendapatan Rp 532,7 Milyar lebih yang terdiri dari, Pendapatan Asli Daerah (PAD) 24.O5 Milyar, Dana Perimbangan Rp 434.8 Milyar lebih, dan untuk pendapatan lain-lain yang sah Rp 73,9 Milyar. Sementara untuk Belanja daerah sebesar Rp 538 Milyar yang terdiri dari belanja tidak langsung 307 Milyar lebih dan belanja langsung Rp 231 Milyar lebih. ”Pada belanja langsung dan tidak lanhsung terjadi defisit sebesar Rp 5.25 Milyar,” tutur Worotikan.
Dan untuk pembiayaan yang terdiri dari penerimaan biaya daerah sebesar Rp 8.1 Milyar, sementara pengeluaran daerah sebesar Rp 2,8 Milyar.

Sementara itu pada kesempatan tersebut Walikota Bitung Hanny Sondakh dalam pendapat akhirnya mangharapkan seluruh stake holder akan memberikan perhatian serius dan memberikan rasa tanggung jawab bagi terlaksananya roda pemerintahan agar pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat maksimal dilaksanakan.

”Kerjasama yang saling menguntungkan antara pemerintah dan swasta sangat diharapkan dalam rangka peningkatan percepatan pertumbuhan ekonomi. Dengan harapan bahwa APBD 2012 akan menggairahkan kinerja guna mempecepat proses pembangunan yang menjangkau kepentingan masyarakat,” tutup Sondakh. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading