Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

APBD Manado tak Mampu Penuhi Kegiatan Pembangunan Kemasyarakatan

Aldi Mawitjere   |   7 September 2012 – 10:40 WITA
walikota dan wawali manado

Vicky - Ai saat paripurna

MANADO, (manadotoday.com) – Walikota Manado GS Vicky Lumentut menegaskan nilai nominal dana untuk membiayai atau mendanai kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, semuanya diatur dalam APBN atau APBD di tingkat daerah yang disepakati dan disetujui bersama antara eksekutif dan legislatif.

“Jadi perencanaan pembangunan bukan berdasarkan kebutuhan, tapi berdasarkan kondisi kemampuan keuangan daerah. Hal ini tidak hanya di Kota Manado, tapi daerah lain di wilayah NKRI bahkan tingkat dunia juga sama,”ujar Walikota Manado GS Vicky Lumentut melalui juru bicara Pemkot Manado Drs Soleman Montori.

Lanjut dikatakannya, pembangunan kemasyarakatan selam setahun yang terus mengalami peningkatan tidak mungkin semuanya terbiayai, untuk itu dilakukan perubahan APBD.

Senada dikatakan Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan SE MSM, meski telah dilakukan perubahan APBD, namun tetap belum semua kegiatan pembangunan dan kemasyarakatan dapat dibiayai.

“Di daerah atau negara maju, tidak semua kegiatan pembangunan dan kemsyarakatan menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi menjadi tanggung jawab bersama dengan masyarakat,”terang Ai sapaan akrab Mangindaan.

Untuk itu, masyarakat diminta memiliki tingkat kesadaran dan partisipasi yang tinggi membantu pemerintah dalam kegiatan pembangunan dan sosial kemasyarakatan. Berbeda dengan daerah atau negara yang mayoritas masyarakatnya lebih senang mengambil dan menuntut ketimbang memberi diri berpartisipasi aktif.

“Tidak semua kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi oleh APBD, kebutuhan pembangunan lainnya dapat dipenuhi dengan partisipasi masyarakat. Dorong partisipasi masyarakat membangun sesuai ketentuan,” pesan GSVL, sapaan Walikota Manado, kepada para Camat dan Lurah se-kota Manado belum lama ini.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading