Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

APBD Sangihe 2012 Dinilai tak Pro Rakyat

Redaksi Manado Today   |   6 Januari 2012 – 21:10 WITA

Tahuna, MTC – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sangihe tahun 2012 dinilai tidak pro rakyat. Penilaian tersebut dikemukakan Pinus Rainhard SPd, salah satu tokoh masyarakat Kota Tahuna kepada manadotoday Jumat (06/01/2012).
Menurutnya, salah satu indikasi jika APBD 2012 tidak pro kepada rakyat terkait ambisi 17 anggota DPRD Sangihe yang memintah jatah mobil dinas (Mobnas).
“Kami menilai bahwa APBD tahun 2012 yang telah ditetapkan oleh DPRD Kabupaten Sangihe itu tidak pro kepada rakyat. Indikasinya, adalah selain ambisi 17 anggota DPRD yang menghendaki pengadaan Mobnas, lembaga itu juga mengusulkan anggaran untuk dana belanja langsung sebesar Rp 12 miliar. Itulah indikasi bahwa APBD 2012 itu tidak berpihak kepada masyarakat,” tukas Rainhard.
Padahal, tambah Rainhard, pada APBD 2011 lalu, dana belanja langsung DPRD Sangihe hanya sebesar Rp 5,9 miliar, namun herannya pada APBD 2012 dinaikan menjadi Rp 12 miliar.
Meskipun usulan penambahan anggaran dan Mobnas belum ada persetujuan dari pemerintah provinsi dalam hal ini Gubernur Sulut, namun Rainhard menilai, permintaan anggota DPRD tersebut sangat berlebihan.
Padahal, masih banyak masyarakat miskin yang lebih pantas mendapat perhatian pemerintah termasuk para wakil rakyat terkait peningkatan kesejahteraan hidup mereka.
Namun sebelumnya, ketua DPRD Sangihe, Tonao Petrus Jangkobus, telah menyampaikan jika permintaan Mobnas oleh 17 anggotanya itu memang benar adanya, tetapi hal itu belum bisa terpenuhi karena kondisi keuangan daerah tidak memungkinkan untuk pengadaan mobnas tersebut. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading