Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan, Gorontalo

April, Pengawasan BPR Dilakukan Kantor BI Gorontalo

Redaksi Manado Today   |   19 April 2011 – 22:06 WITA

Manado Today – Pengawasan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang berkantor pusat di Provinsi Gorontalo mulai April 2011 diserahkan ke Kantor Bank Indonesia Gorontalo dari sebelumnya Kantor BI Manado.
“Selama ini tugas pengawasan BPR yang ada di Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo menjadi tugas pengawas di BI Manado, namun setelah personelnya dilengkapi, mulai April diserahkan ke BI Gorontalo,” kata Pengawas Bank Madya BI Manado Savetri Lihanara, di Manado, Selasa.
Savetri mengatakan, pengawas bank yang akan bertugas di Gorontalo sedang belajar di BI Manado, dan diharapkan setelah kembali ke provinsi tersebut dapat melakukan pengawasan terhadap semua BPR yang berkantor pusat di Gorontalo.
“Saat ini ada sekitar empat BPR di Gorontalo, sebelumnya tugas pengawasan kami yang melakukan, namun mulai April beralih ke kantor BI terdekat,” kata Savetri.
Selama melaksanakan tugas pengawasan BPR berkantor pusat Gorontalo, kata Savetri, kinerja perbankan ini menunjukkan peningkatan yang cukup baik dari tahun ke tahun.
“Masyarakat semakin percaya dengan BPR, karena itu baik dana pihak ketiga maupun ekspansi kredit menunjukkan kenaikan yang cukup tinggi,” kata Savetri.
Dengan pengawasan yang lebih dekat, kata Savetri, selain kondisi bank menjadi semakin baik, diharapkan pula fungsi intermediasi perbankan terlihat dalam mendorong perekonomian daerah.
“Segmen BPR merupakan masyarakat kecil terutama petani di pedesaan, kehadiran bank yang berkinerja baik di Gorontalo, akan memberi manfaat nyata pada pertumbuhan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang pada giliran mendorong perekonomian lebih baik,” kata Savetri.
Menurutnya, untuk mendorong peran BPR, BI mengharapkan bank ini meningkatkan perhatian terhadap ekspansi kredit produktif, karena dampaknya besar terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading