Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Press Release

Tim SSB Tumpaan Target Juara Aqua Danone Nations Cup Indonesia 2012

Redaksi Manado Today   |   11 Juni 2012 – 17:07 WITA

Selangkah Lagi Anak-anak Sulawesi Utara Mewujudkan Mimpi ke Warsawa, Polandia

Tim danone tumpaanMANADOTODAY -  Setelah berhasil menjadi juara di festival sepak bola anak-anak terbesar di dunia, AQUA Danone Nations Cup (DNC) di Propinsi Sulawesi Utara, tim SSB Tumpaan Minahasa Selatan, kini mempersiapkan diri untuk tampil di Babak Final Nasional AQUA DNC 2012.

Pertandingan Babak Final Nasional ini akan digelar di GOR Sumantri Bojonegoro, Kuningan di Jakarta pada 16-17 Juni mendatang.

“Kami bersyukur bisa menjadi juara Sulawesi Utara. Kesempatan untuk bertanding di Babak Final Nasional merupakan sebuah prestasi besar bagi kami. Anak-anak sangat senang bisa berangkat ke Jakarta. Kami akan buktikan kalau Manado punya bibit-bibit sepak bola yang bagus. Kami ingin juara,” kata pelatih SSB Tumpaan Minahasa, Handry Komaling.

SSB Tumpaan Minahasa berhak mewakili Manado ke Babak Final Nasional setelah menjadi juara di Babak Kualifikasi Lokal Propinsi Sulawesi Utara yang diselenggarakan di Standion Klabat pada tanggal 7-8 April 2012. Dalam pertandingan Babak Final Kualifikasi Lokal ini berhasil mencatat kemenangan adu pinalti dengan skor 3-1 atas tim Maesa Manado.

Tim yang memenangkan babak final nasional AQUA DNC 2012 nantinya akan bertanding di  World Final DNC 2012 yang diselenggarakan di  Warsawa, Polandia, yang juga menjadi salah satu tuan rumah ajang Euro 2012.

Diharapkan dengan adanya AQUA DNC 2012 akan muncul bibit-bibit pemain bola seperti  legenda lokal Sulawesi Utara, Inyong Lolombulan. Pada periode 1986 hingga 1992, Inyong merupakan salah satu pilar penting tim nasional Indonesia. Inyong telah tampil membela tim Merah-Putih di berbagai level kejuaraan internasional.

Kehadiran AQUA DNC sejalan dengan program dari Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) untuk melahirkan pemain-pemain muda. “Semoga di masa yang akan datang kita bisa mendapatkan pemain-pemain yang handal dari semua ajang kompetisi yang ada seperti AQUA Danone Nations Cup ini. Ajang ini akan melahirkan pemain bola nasional yang kelak bisa masuk membela tim nasional,”  kata Djohar Arifin Husin, Ketua PSSI.

Sementara itu menurut Febby Intan, Brand Director Danone AQUA mengatakan, “Kami selalu berkomitmen mendukung peran orang tua menciptakan keluarga sehat dan memberikan yang terbaik bagi anak-anak. Melalui AQUA-DNC, kami ingin memupuk antusiasme, sportivitas, keterbukaan dan persahabatan sejak dini dalam ajang sepak bola khusus anak-anak bertaraf internasional.”

Tak kurang dari 2800 anak yang tergabung dalam 200 tim sepak bola yang berasal dari kota-kota yang ada di Sulawesi Utara ikut meramaikan festival sepak bola ini. Pada tahun 2012, AQUA-Danone Nations Cup diikuti total 4.895 tim sepak bola anak-anak Indonesia dengan sekitar 70.000 pemain dari 14 kota. Ini berarti peningkatan 35% dibandingkan jumlah peserta 2011.

 

Tim SSB Tumpaan Target Juara Aqua Danone Nations Cup Indonesia 2012

MANADOTODAY - Selangkah Lagi Anak-anak Sulawesi Utara Mewujudkan Mimpi ke Warsawa, Polandia Manado, 10 Juni 2012 Setelah berhasil menjadi juara di festival sepak bola anak-anak terbesar di dunia, AQUA Danone Nations Cup (DNC) di Propinsi Sulawesi Utara, tim SSB Tumpaan Minahasa kini mempersiapkan diri untuk tampil di Babak Final Nasional AQUA DNC 2012.

Pertandingan Babak Final Nasional ini akan digelar di GOR Sumantri Bojonegoro, Kuningan di Jakarta pada 16-17 Juni mendatang. ”Kami bersyukur bisa menjadi juara Sulawesi Utara. Kesempatan untuk bertanding di Babak Final Nasional merupakan sebuah prestasi besar bagi kami. Anak-anak sangat senang bisa berangkat ke Jakarta. Kami akan buktikan kalau Manado punya bibit-bibit sepak bola yang bagus. Kami ingin juara,” kata pelatih SSB Tumpaan Minahasa, Handry Komaling.

SSB Tumpaan Minahasa berhak mewakili Manado ke Babak Final Nasional setelah menjadi juara di Babak Kualifikasi Lokal Propinsi Sulawesi Utara yang diselenggarakan di Standion Klabat pada tanggal 7-8 April 2012. Dalam pertandingan Babak Final Kualifikasi Lokal ini berhasil mencatat kemenangan adu pinalti dengan skor 3-1 atas tim Maesa Manado.

Tim yang memenangkan babak final nasional AQUA DNC 2012 nantinya akan bertanding di  World Final DNC 2012 yang diselenggarakan di  Warsawa, Polandia, yang juga menjadi salah satu tuan rumah ajang Euro 2012.

Diharapkan dengan adanya AQUA DNC 2012 akan muncul bibit-bibit pemain bola seperti  legenda lokal Sulawesi Utara, Inyong Lolombulan. Pada periode 1986 hingga 1992, Inyong merupakan salah satu pilar penting tim nasional Indonesia. Inyong telah tampil membela tim Merah-Putih di berbagai level kejuaraan internasional

Kehadiran AQUA DNC sejalan dengan program dari Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) untuk melahirkan pemain-pemain muda. ”Semoga di masa yang akan datang kita bisa mendapatkan pemain-pemain yang handal dari semua ajang kompetisi yang ada seperti AQUA Danone Nations Cup ini. Ajang ini akan melahirkan pemain bola nasional yang kelak bisa masuk membela tim nasional,”  kata Djohar Arifin Husin, Ketua PSSI.

Sementara itu menurut Febby Intan, Brand Director Danone AQUA mengatakan, ”Kami selalu berkomitmen mendukung peran orang tua menciptakan keluarga sehat dan memberikan yang terbaik bagi anak-anak. Melalui AQUA-DNC, kami ingin memupuk antusiasme, sportivitas, keterbukaan dan persahabatan sejak dini dalam ajang sepak bola khusus anak-anak bertaraf internasional.”

Tak kurang dari 2800 anak yang tergabung dalam 200 tim sepak bola yang berasal dari kota-kota yang ada di Sulawesi Utara ikut meramaikan festival sepak bola ini. Pada tahun 2012, AQUA-Danone Nations Cup diikuti total 4.895 tim sepak bola anak-anak Indonesia dengan sekitar 70.000 pemain dari 14 kota. Ini berarti peningkatan 35% dibandingkan jumlah peserta 2011.

 

Sekilas mengenai AQUA Danone Nations Cup

DNC adalah festival akbar sepakbola anak usia 10-12 tahun terbesar di dunia, bahkan sudah diakui sebagai Piala Dunia sepakbola untuk anak-anak oleh FIFA. Diperkirakan sekitar 2,5 juta anak atau 20.000 tim dari 40 negara di dunia akan berpartisipasi dalam DNC tahun ini. DNC didukung oleh Federation Internationale de Football Association (FIFA) serta French Football Federation, dan menampilkan Zinedine Zidane, pemain sepakbola dari Perancis, sebagai duta internasional-nya.

Di Indonesia, semakin banyak peserta yang mengikuti AQUA-DNC setiap tahunnya. Pada tahun 2009 tercatat 1.769 tim dengan sekitar 25.000 pemain. Kemudian pada tahun 2010 terjadi peningkatan menjadi 2.569 tim dengan 36.000 pemain. Pada tahun 2011, peserta naik menjadi 3.597 tim dengan sekitar 50.358 pemain.

Pada tahun 2011 lalu, Kurnaim, kiper dari tim Sekolah Sepak Bola (SSB) Hasanuddin, Makassar berhasil mendapat gelar Kiper Terbaik Kedua DNC  2011. Tahun sebelumnya tim Sekolah Sepak Bola (SSB) Banteng Muda dari Malang, Jawa Timur (Pemenang AQUA-DNC Indonesia 2010) masuk 15 besar, dan berhasil mengejutkan semua orang dengan mencatat kemenangan atas tim-tim unggulan seperti Italia dan Mesir.

Sedangkan tim SSB Pengcab Semarang, Jawa Tengah (Pemenang AQUA-DNC Indonesia 2009) bermain gemilang dan berhasil menduduki posisi enam terbaik dari 40 negara, yang artinya hampir menyamai prestasi terbaik tim DNC Indonesia tahun 2006 yang sukses masuk babak semi final. Prestasi lain di antaranya adalah pada tahun 2005, tim Indonesia meraih gelar sebagai The Best Attack Team dan memecahkan rekor gol terbanyak sepanjang sejarah DNC dengan 24 gol. Pada final dunia tersebut, pesepakbola Indonesia Irvin Museng terpilih sebagai The Best Striker, dan sempat dikontrak oleh Ajax Amsterdam Junior.


Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading