Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

ASEAN+3 Terus Bicarakan Peningkatan Pariwisata

Tonny Sumakul   |   10 Januari 2012 – 20:39 WITA
Sekjen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Wardiyatmo

Manado, MTC – Negara-negara ASEAN bersama Negara mitra yakni Cina, Jepang dan Republik Korea atau yang dikenal dengan ASEAN Plus Three (ASEAN +3), terus membicarakan peningkatan pariwisata.
Dalam lanjutan meeting di ASEAN Tourism Forum (ATF) yang berlangsung di Grand Kawanua Convention Center (GKCC) Manado tersebut, masing-masing Negara membicarakan cara peningkatan sector pariwisata.
Untuk perwakilan Cina sendiri, memaparkan soal perkembangan kegiatan kerja sama pariwisata, terkait Plan of Action to Implement the Joint Decleration on ASEAN-China Strategic Partnership for Peace and Prosperity 2011 – 2015.
“Dalam Plan of Action itu, direkomendasikan untuk memperkuat dialog dan kerja sama melalui penyelenggaraan pertemuan menteri pariwisata ASEAN dan Cina. Selain itu, mendorong program bersama pembuatan produk pariwisata ASEAN dan Cina, serta partispasi Negara-negara dalam kegiatan ATF ini,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Wardiyatmo.
Lanjutnya menyampaikan, untuk Jepang melaporkan bahwa mereka melanjutkan komitmen untuk membantu ASEAN, khususnya pariwisata. Hal tersebut demi terwujud pada KTT ASEAN dan Jepang ke-14, pada 18 November 2011 lalu di Bali.
“Dalam pertemuan KTT ASEAN di Bali lalu, dihasilkan Joint Declaration for Enhancing ASEAN-Japan Strategic Partnership for Prospering Together, dimana memuat peningkatan konektivitas ASEAN-Jepang, dalam kerja sama terbentuknya komunitas ASEAN,” terang Wardiyatmo.
Kata dia lagi, untuk kerjasama Jepang dan ASEAN, yakni terkait politik dan keamanan, menciptakan masyarakat yang tahan bencana, serta mencari solusi bersama dalam mengatasi tantangan global maupun regional.
Sementara untuk Korea sendiri, memaparkan perkembangan kerjasama pariwisata khususnya Plan of Action to Implement the Joint Declaration on ASEAN – Korea Strategic Partnership for Peace and Prosperity 2011 – 2015, dimana isnya yakni memperkuat jaringan kerja sama antara pemerintah dan sektor swasta, lewat pertukaran informasi dalam meningkatkan industri pariwisata.
“Korea juga mempromosikan industri pariwisata ASEAN, melalui kekayaan warisan budaya seperti pembuatan Cultural Map of ASEAN, penyelenggaraan kursus bahasa Korea bagi pekerja bidang pariwisata di ASEAN,” ungkap Wardiyatmo.
Ia menambahkan, negara-negara ASEAN Plus Three juga, akan terus berupaya untuk mewujudkan ASEAN sebagai world class tourism destination, dengan tema ASEAN Tourism For A Global Community of Nations. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading