Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

Aset tak Jelas, Disclaimer Tetap Hantui Tomohon

Ardi Kalumata   |   15 Juli 2012 – 11:56 WITA
aset pemkot tomohon

Pemkot Tomohon diminta tata aset kendaraan dinas

TOMOHON, (manadotoday.com)—Masih banyaknya asset Tomohon yang tak jelas, membuat Kota Tomohon terus dihantui opini Disclaimer dari Badan Pemeriksa Keuangan.

Joula L Paulus SSos dan Meksi Maurits Sampouw SP, dua warga Kota Bunga Tomohon mengatakan, sesuai data yang mereka peroleh, ada sejumlah asset yang berada di Kota Tomohon yang masih perlu dibenahi. Antaranya sejumlah bidang tanah yang belum memiliki sertifikasi dan asset yang sebenarnya harus menjaid milik Tomohon namun belum diserahkan oleh Provinsi seperti kompleks perkantoran DPRD Tomohon.

‘’Sesuai UU Nomor 10 tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon, maka semua asset bergerak maupun tidak bergerak yang dikuasai Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten Minahasa yang berada di Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Tomohon, harus diserahkan kepada Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon. Ini yang belum sepenuhnya dijalankan,’’ ketus keduanya.

Sesuai Pasal 14 ayat (1) huruf b disebutkan, barang milik/kekayaan daerah yang berupa tanah, bangunan, barang bergerak, dan barang tidak bergerak yang dimiliki, dikuasai, dan/atau dimanfaatkan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, dan Kabupaten Minahasa yang berada dalam wilayah Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Tomohon harus diserahkan.

Paulus dan Sampouw menambahkan, Pemkot Tomohon juga harus menata sebaik-baiknya asset yang dimiliki saat ini. Mereka mencontohkan asset bergerak seperti kendaraan dinas, mobil dan sepeda motor.

Ada sepeda motor yang digunakan untuk mengangkut penumpang atau ojek. Sementara mobil, ada pejabat yang sudah bertugas di tempat lain namun tetap menggunakan mobil tersebut. Salah satunya adalah Mobil Dinas Badan Narkotika, DB 87 G yang saat ini diganti plat hitam oleh mantan pejabat di Kota Tomohon.

‘’Harus digelar apel pemeriksaan asset untuk kendaraan seperti sepeda motor dan mobil. Supaya diketahui mana asset yang dimiliki Pemkot Tomohon,’’ tukas keduanya. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

  • MAKAPETOR mengatakan:

    Sebenarnya bukan hanya aset saja, tapi banyak Kepala SKPD hanya asbun tidak tahu pimpin SKPD nya, seorang kepala SKPD bukan hanya kuasai manajemen saja harusnya teknisnya juga hrs kuasai, minimal tau, kalau tidak, cuma tau tanda tangan anak buah beking bodok. Usul kami kepada Walikota … Dinas PPKAD harusnya seorang Ekonom jangan orang teknik yah.. mau tau apa dia, Dinas Kesehatan sebaiknya dokter jangan Doktor/S3 Manajemen sdm kapan mau selesai persoalan kesehatan dan penyakit menular , Dinas Tata Ruang/Tarumansa sebaiknya seorang Insinyur Teknik jangan orang ilmu sosial kapan mau selesai itu tataruang kota …… Sekali lagi kalau hanya Manajemen saja tidak cukup, harus skill teknis SKPD yg dipimpinya harus kuasai minimal tahu, kalau begini terus kasihan Bapak Walikota akan disclamer terus Tomohon ….

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading