Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Manado

Astaga! Dekot Manado Satu-satunya di Indonesia Tanpa BK

Staff Manado Today   |   31 Mei 2011 – 09:46 WITA

Manado Today – Memalukan, Dewan Kota (Dekot) Manado ternyata satu-satunya di Indonesia yang tidak memiliki sebuah alat kelengkapan dewan yakni Badan Kehormatan (BK). Padahal sudah akan memasuki tahun kedua.

Pun demikian, belum terbentuknya BK hingga saat ini menunjukan lemahnya pimpinan DPRD. Sebab sesuai dengan aturan yang telah disepakati, dimana setiap dewan wajib memiliki BK dan BL (Badan Legislatif), tetapi itu tidak diwujudkan oleh legislator yang duduk di kursi gedung Tikala.

“Kita tidak tahu kenapa Ketua Dekot Manado tidak mau tahu dengan lembaga perwakilan rakyat ini. Padahal, fungsi BK itu sangat baik dalam menciptakan sebuah keseimbangan dalam perjalanan anggota dewan ketika melakukan tugas pokok dan fungsinya setiap tahunnya. Idealnya, ketika terjadi degradasi moral dari dewan dan ini mengarah pada tindakan indisipliner, otomatis fungsi BK akan lebih terasa. Namun sayang sampai saat ini Dekot Manado belum memilikinya. Otomatis, dewan Manado bisa seenaknya melanggar aturan sehingga yang perlu dikritis adalah moral dewan dalam mempertanggungjawabkan suara-suara rakyat,” ujar tokoh Pemuda Widdy Rorimpandey SP MPd kepada manadotoday Selasa (31/05/2011).

Senada dikatakan pengamat Politik dan Pemerintahan Ferry Daud Liando SIP MSi, jika BK sengaja untuk tidak dibentuk, maka ketua pimpinan dewan telah menyalahi aturan, dan perlu dikritisi adalah ketika sebuah kebijakan dilahirkan oleh seorang pemimpin yang memiliki latarbelakang sebagai kekuasaan otoriter.

“Yah kalau semua tergantung dia, artinya ada kebijakan yang tidak akan dilakukannya, dan tidak semua bisa menentang akan hal itu. Maka ini jelas sebuah keputusan yang salah. Kita berharap ini akan memberikan dampak yang positif bagi kesinambungan fungsi dewan saat ini,” ujarnya.

Lanjut dikatannya, tidak harmonisnya pimpinan DPRD menjadi salah satu alasan belum terbentuknya BK di DPRD Kota Manado. “Barangkali ini alasan kenapa BK belum di bentuk, karena sasaran kerja BK adalah termasuk tidak harmonisnya pimpinan. Kerja BK selain kontrol internal tapi juga penegakan etika,”jelas kandidat Doktor ini.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading