Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Nusa Utara

Astaga! Nelayan Sangihe Buang Berton-ton Ikan Tangkapan ke Laut

Redaksi Manado Today   |   16 Juli 2012 – 18:22 WITA

Tak Punya Cool Storage dan Kapal Penampung

nelayan sangihe

Nader Badoa, nelayan Sangihe yang pernah membuang 7 ton ikian tangkapan ke laut

TAHUNA, (manadotoday.com) – Jeritan para nelayan di Kabupaten Sangihe, yang meminta perhatian pemerintah daerah untuk menyediakan kapal penampung dan pembangunan cool storage (pabrik es) hingga saat ini belum mendapat tanggapan.

Akibatnya, ikan hasil tangkapan para nelayan terpaksa dibuang ke laut, karena kondisinya sudah membusuk.

Hal ini dikemukakan Nader Badoa, salah satu nelayan pribumi pemilik Pajeko (perahu penangkap ikan), kepada manadotoday Senin (16/7/2012) di Tahuna.

“Kala itu kami berhasil menangkap ikan di rakit sebanyak 12 ton, sekitar 3,5 ton kami bisa pasarkan ke Manado yang dipak di coolbox dan dikirim melalui kapal penumpang. Sebagiannya dijual pasar lokal dan sebagiannya lagi kami bagikan kepada masyarakat. Namun karena tak memiliki es yang cukup, maka sisa ikan sekitar 7 ton tidak bisa diawetkan dan terpaksa kami buang ke laut karena kondisinya sudah mulai membusuk,” ujar Badoa, seraya menambahkan bahwa kondisi itulah yang membuat para nelayan di Kabupaten Sangihe tidak bisa maju.

Padahal, kata Badoa, pemerintah daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan, telah berjanji untuk menyediakan kapal penampung dan membangun pabrik es.

“Ternyata janji Pemkab Sangihe hanya sorga telinga bagi para nelayan,”tandasnya.

Pasalnya, sudah sejak lima tahun lalu Pemkab berjanji akan mebangun pabrik es di Kota Tahuna. Terlebih untuk mendatangkan kapal penampung membeli hasil tangkapan para nelayan namun hingga saat ini tak kunjung ada.

Olehnya, Badoa meminta kepada pemimpin daerah yang baru ini, agar dapat mengangkat harkat para nelayan pribumi dengan menyediakan fasilitas perikanan yang memadai. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading