Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Awal Tahun 2012, RTRW Manado Ditetapkan Perda

Aldi Mawitjere   |   16 Desember 2011 – 19:25 WITA
Plt Sekkot Manado

Plt Sekkot Manado Arnold Kewas

Manado, MTC – Pelaksana Tugas Sekkot, Drs Arnold Kewas ketika dikonfirmasi terkait penyelesaian Perda Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Manado mengatakan sedang dalam proses perampungan.
“Tahun ini persetujuan substansi dari pusat sudah bisa rampung. Setelah pertemuan Tim kita bersama tim teknis Pemerintah Pusat, tentunya ada catatan-catatan dan langsung kita perbaiki, namun pada dasarnya sebagian besar tidak ada lagi perubahan,” terangnya.
Diakuinya, memang ada catatan-catatan dari kementrian terkait masing-masing kementrian tentunya perhatikan kepentingan. Misalnya departemen kehutanan dimana wilayah hutan yang dilindungi yang ada di kota Manado. Kebetulan ada yang telah diserahkan ke pemkot seperti di daerah kepulauan itu tentunya harus diperhatikan. Tapi pada umumnya apa yang ada dalam ranperda RTRW kota Manado sudah sesuai dengan aturan.
‘Sekarang tahap perampungan oleh tim Pemkot setelah pembahasan dengan tim teknis pusat,”tandas Kewas.
Kewas menegaskan, salah satu strategi yang bisa dilakukan dalam RTRW adalah dengan memperluas cakupan pasar domestik dan meningkatkan daya saing agar terjadi keseimbangan pertumbuhan ekonomi. Tentunya, pembangunan yang merata juga harus dilakukan agar terjadi konektivitas antar daerah.
“Untuk itulah diperlukan penyelenggaraan penataan ruang yang dapat memberikan kepastian hukum dalam proses pembangunan. Dan tahun 2012 mendatang dipastikan RTRW kota Manado mudah-mudahan telah diperdakan,”terang Kewas kepada wartawan, (Jumat 16/12/2011).
Ditambahkan Kewas, sesudah hasil persentase di pusat Walikota nanti akan keluar persetujuan substansi dari pusat, yang kemudian akan digenjot kalau bisa tahun ini selesai melalui pembahasan dengan Dekot Manado.
“Saya justru berharap sebelum hari Natal sudah dirampungkan mudah-mudahan tahun 2012 sudah diperdakan,”tandas kepala Inspektorat Manado ini.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading