Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Awas! Tukang Jagal Anjing Rawan Terjangkit Rabies

Aldy Monareh   |   24 November 2011 – 20:46 WITA

Bitung, MTC – Ini warning bagi warga yang sehari-hari berprofesi sebagai tukang jagal hewan ternak Anjing. Pasalnya para tukang potong ini sangat rawan dan berpotensi terkena Virus Rabies, atau lebih dikenal masyarakat dengan sebutan penyakit Anjing Gila.
Apalagi sebagian besar warga di daerah Sulut menganggap daging hewan ini sebagai hidangan ‘istimewa’, sehingga tukang jagal anjing atau dikenal dengan sebutan populer ‘RW’ ini tidak sulit ditemukan di pasar-pasar tradisional.
Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Bitung Ir Lusye Makalawang. Dimana, menurutnya, para tukang jagal beresiko terinfeksi virus Rabies yang menyebar melalui peredaran darah, mulut, hidung dan telinga ketika ia terkena percikan darah segar dari anjing yang sudah terkontaminasi virus yang dapat mematikan itu.
”Ini yang sering tidak disadari oleh warga, karena kebanyakan hewan yang akan dipotong tidak melalui proses pemeriksaan,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Bitung Ir Lusye Makalawang..
Karena itu kata Makalawang untuk mengantisipasi kemungkinan tidak terkena Virus Rabies, para penjual daging Anjing, sebaiknya terlebih dahulu meneliti dan memastikan kondisi kesehatan ternak tersebut sebelum di potong, apakah sudah tertular Rabies atau belum, sehingga benar-benar aman ketika di potong. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading