Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Awas!! Wartawan Gadungan Banyak Berkeliaran

Aldy Monareh   |   15 Desember 2011 – 09:42 WITA

Bitung, MTC – Ini tanda awas bagi seluruh masyarakat termasuk jajaran Pemerintah dan Swasta yang ada di Sulawesi Utara termasuk Kota Bitung, sebab saat ini banyak wartawan tanpa Identitas (gadungan) yang berkeliaran di Kota Bitung, dengan memanfaatkan moment menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.
Bahkan kabarnya ada yang datang menakut-nakuti pejabat yang ujung-ujungnya meminta sejumlah uang, bahkan ada yang sampai melakukan pemerasan.
”Pejabat pemerintah, suasta dan masyarakat agar waspada terhadap praktek penipuan, dengan dalih sebagai wartawan,” ujar Wilson Wonte salah satu wartawan senior di Kota Bitung.
Modus yang sering digunakan adalah mencatut nama pejabat tertentu kemudian mengintimidasi dan menakut-nakuti target, hanya untuk kepentingan pribadi dengan imbalan segepok uang.
”Ini perlu diwaspadai. Caranya jika didatangi wartawan gadungan minta ID Card dan jika mencurigakan segera dilaporkan ke pihak berwajib,” saran wartawan Harian Reportase ini.
Sementara itu terinformasi, Kepala KPLP Bitung Widiyanto mengakui bahwa dirinya didatangi oleh sejumlah oknum yang mengaku wartawan dengan melakukan pengancaman.
”Saya didatangi wartwan tidak jelas sambil mengancam, ketika ditanyakan berasal dari media mana, mereka kemudian keluar,” ujarnya.Hal serupa dialami Ketua STIE Petra Bitung Herman Piananung, yang mengaku didatangi 5 orang yang mengaku wartawan sambil melakukan pengancaman.
Menyikapi fenomena ini Kepala Dinas Informatika dan Komunikasi Kota Bitung Fabian Kaloh menghimbau kepada seluruh masyarakat terlebih pejabat dan Pengusaha di Kota Bitung, agar hati-hati terhadap wartawan gadungan.
”Jika ada wartawan yang mencurigakan tanpa Identitas yang jelas, sebaiknya langsung lapor saja ke aparat kepolisian terdekat,” tutupnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading