Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » DPRD Sulut

Babi Rusa di Suaka Margasatwa Nantu masih terus diburu

Redaksi Manado Today   |   21 Mei 2011 – 19:53 WITA

Gorontalo Today – Babi rusa (Babyrousa Babyrussa) di kawasan suaka margasatwa (SM) hutan Nantu, Boliyohuto, Gorontalo yang sudah tergolong satwa endemic masih kerap diburu orang. Dagingnya banyak dipasarkan di Minahasa, Sulawesi Utara.

“Perburuan lia ini, turut mengancam keberlangsungan hidup satwa endemik yang dilindungi ini, kata Alfian Bawohan di Gorontalo, Sabtu siang.

Alfin Bawohan, asisten peneliti di Yayasan Adudu Nantu Internasional (YANI), organisasi yang bergiat di kawasan SM Nantu mengatakan, hampir setiap hari ditemukan daging babi rusa diperjual belikan di sejumlah pasar tradisional di Minahasa.

Padahal, satwa yang memilik taring khas yang tumbuh di hidungnya ini, dikenal sangat kecil tingkat reproduksinya.

Dalam setahun, Babi rusa betina hanya sekali saja melahirkan satu hingga dua anak babi rusa. Alfin mengatakan, populasi Babi rusa di kawasan SM Nantu, seluas 31.215 hektare itu, diperkirakan hanya 500 ekor. Namun menurutnya, jumlah itu bisa menyusut, atau lebih kecil karena masih maraknya perburuan.

Pada 1996 silam, Babi rusa tercatat dala mkategori satwa langka dilindungi oleh organisasi dunia the Convention on the International Trade of Endangered Species of Wild Fauna and Flora (IUCN -CITES IUCN).

Alfin menambahkan, hal lainnya yang mengancam babi rusa dan satwa endemik lainnya di SM Nantu, adalah perambahan kayu dan rotan serta pertambangan emas yang merusak habitat serta ekosostem yang dihuni aneka folra dan fauna unik khas sulawesi. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading